BAGANSIAPIAPI – Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian,Pemuda Dan Olahraga RI, Komjen Pol (Purn) Drs Rudy Sufahriadi mengingatkan seluruh stakeholder di Rokan Hilir, untuk terus memperhatikan dan membina siswa disabilitas.

Hal itu disampaikannya saat membuka Festival Olahraga Disabilitas yang diikuti pelajar berkebutuhan khusus di Rokan Hilir, Jumat (21/6/2024) di GOR Perguruan Wahidin, Jalan Pahlawan Bagansiapiapi.

Di awal sambutannya,.Rudy Sufahriadi mengaku puas melihat dukungan serta peran berbagai pihak dalam memberdayakan atlet disabilitas di Rohil.

"Ini sejalan dengan apa yang digagas dan disampaikan Presiden kita untuk anak-anak yang kondisinya disabilitas," ujarnya.

Pihaknya yakin dan percaya, para siswa disabilitas mampu mendulang prestasi jika punya kesempatan yang sama dengan anak-anak lainya. "Tetaplah dibimbing, dibina dan dididik," harapnya.

Ia kemudian mengambil contoh betapa banyak atlet disabilitas di Tanah Air, yang mampu menorehkan prestasi hingga di kancah internasional. Hal itu membuktikan mereka adalah aset yang berharga bagi negara.

"Selamat berolahraga, bertanding dan moment ini jadikan ajang untuk mereka, anak-anak kita untuk bersenang-senang dan menikmatinya,” tutupnya.

Sebelum pembukaan, Rudi Sufahriadi disambut dengan tarian kreasi, yang dibawakan Habiburakhman, siswa berkebutuhan khusus. Ia rencananya akan mengikuti Festival Nasional bagi siswa disabilitas yang akan digelar di Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Rohil, Rahmatul Zamri mengatakan, pihaknya mendukung Festival Disabilitas ini.

Hal ini sesuai arahan Bupati Rohil, Afrizal Sintong, yang mengharapkan para siswa disabilitas di Rohil tetap mendapat pembinaan secara maksimal. ***