JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap 745 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri.

Mutasi ratusan pati dan pamen Polri tersebut tertuang dalam empat Surat Telegram (ST) yang ditandatangani Asisten Sumber Daya Manusia Polri Irjen Dedi Prasetyo, yakni nomor ST/1236/VI/KEP./2024, ST/1237/VI/KEP./2024, ST/1238/VI/KEP./2024, dan ST/1239/VI/KEP./2024.

"Benar. Tentunya secara konseptual mutasi adalah tour of duty pembinaan karier," ujar Dedi di Jakarta, Rabu (26/6/2024), seperti dikutip dari bisnis.com.

Dikutip dari Tribunnews.com, Brigjen Djati Wiyoto Abadhy termasuk di antara pati yang dimutasi. Brigjen Djati akan menempati jabatan Wakapolda Metro Jaya menggantikan Brigjen Suyudi Ario Seto.

Sementara Brigjen Suyudi mendapat promosi jabatan menjadi Kapolda Banten menggantikan Irjen Abdul Karim yang mendapat tugas baru menjadi Kadiv Propam Polri.

Brigjen Djati Wiyoto Abadhy diketahui saat ini masih menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Timur. Posisinya akan digantikan Brigjen Sabilul Alif yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Banten.

Sementara posisi Wakapolda Banten akan diisi Kombes Hengki yang kini menjabat sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya.

Profil Brigjen Djati Wiyoto Abadhy

Brigjen Djati Wiyoto Abadhy yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 3 Agustus 1969, merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991, satu angkatan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Berdasarkan data yang dihimpun, jenderal polisi bintang satu ini pernah menjabat sebagai Kapolres Barito Selatan Polda Kalimantan Tengah.

Setelah itu, kariernya di kepolisian tak jauh dari bidang intelijen dan keamanan atau Intelkam.

Pada 2012, Djati Wiyoto Abadhy tercatat menjabat sebagai Wadirintelkam Polda Kalteng.

Dua tahun berselang, tepatnya 2014, dia mendapat promosi jabatan menjadi Dirintelkam Polda Riau.

Dua tahun kemudian, tepatnya 2016, ia ditarik ke Mabes Polri menjadi Kasubdit I Ditsosbud Baintelkam Polri.

Selanjutnya ia dipercaya menjadi Analis Utama Tk. I Baintelkam Polri.

Pada 2020, ia didapuk menjadi Kabidkerma Baintelkam Polri.

Selanjutnya pada tahun 2020, ia ditugaskan di Jawa Tengah menjadi Dirintelkam Polda Jateng.

Setahun kemudian, tepatnya pada 2021, ia kembali ke Mabes Polri menjabat sebagai Dirkamsus Baintelkam Polri dan menyandang jenderal polisi bintang satu atau Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol).

Selanjutnya ia dipercaya menjadi Wakil Kepala Kepolisian Polda Kalimantan Timur (Wakapolda Kaltim).

Tak sampai setahun, ia pun dipercaya menjadi Wakapolda Metro Jaya, menggantikan Brigjen Suyudi Ario Seto.***