TELUKKUANTAN – Satu keluarga di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tinggal di gubuk terpal. Sungguh miris, gubuk serba terpal ini ditempati lima orang dan di sana semua aktivitas keluarga dilakukan.

Adalah Fajri Suryadi, warga Pangkalanindarung, Kecamatan Singingi yang tinggal di gubuk terpal bersama istri dan tiga orang anaknya. Ia sudah menghuni pondok sejak setahun tetakhir.

Saparman, Camat Singingi yang mengetahui adanya warga yang tinggal di gubuk terpal langsung turun ke lapangan. Fajri menjadi prioritas Camat Singingi untuk dibangunkan rumah layak huni.

"Pekan lalu kami sudah turun bersama Upika Singingi. Kondisi keluarga Fajri ini sangat memprihatinkan. Mereka tinggal di gubuk terpal, di situ masak, makan, tidur dan kegiatan lainnya. Karena itu, ini menjadi prioritas bantuan rumah layak huni," kata Saparman kepada GoRiau.com, Senin (3/6/2024) pagi.

Dulu, lanjut Saparman, Fajri dan istri bersama tinggal bersama orangtuanya. Kemudian, mereka diberi tanah untuk dibangun rumah. Karena keterbatasan, Fajri tak kunjung mampu mendirikan rumah yang layak untuk anak istrinya.

"Kalau kita lihat, mereka tak akan mampu membangun rumah. Karena itu, sesuai arahan Pak Bupati, kami sudah koordinasi dengan OPD untuk dibangun rumah layak huni," kata Saparman.

Saparman berharap usulan rumah layak huni untuk Fajri segera direalisasikan, sehingga tidak ada lagi warga yang tinggal di gubuk terpal.***