SURABAYA - Judo Kontingen Indonesia merengkuh sukses di 21th ASEAN University Games 2024 Surabaya-Malang, Jawa Timur. Setelah membuka keran medali bagi Merah Putih, judo menjadi cabang olahraga pertama yang menahbiskan diri sebagai jaura umum di multievent dua tahunan mahasiswa se-Asia Tenggara.

Judo mengumpulkan 10 medali emas, 8 perak, dan 4 perunggu. Malaysia menempati ranking kedua di cabor judo dengan raihan 3 emas, 3 perak, dan 1 perunggu. Sedangkan Thailand mendapatkan 2 emas dan 1 perunggu.

Keping emas terakhir yang didapatkan Kontingen Indonesia dipersembahkan Bustomi Abdillah dkk yang turun di nomor mixed team.

“Alhamdulillah. Saya bersyukur dan berterima kasih dengan hasil yang telah ditunjukkan para judoka Kontingen Indonesia di AUG 2024. Tentu dengan raihan positif ini, kami berharap bisa semakin menyuntikkan semangat atlet-atlet dari cabang olahraga lainnya yang masih berjuang di AUG,” kata Kepala Kontingen Indonesia Del Asri.

Senada, Pelatih Judo Samsul Bachri Sani turut mengapresiasi penampian anak-anak latihnya. Ia mengatakan hasil juara umum sudah sesuai dengan target.

“Target kami memang menjadi juara umum, apalagi ini tampil di rumah sendiri. Tapi meraih dengan total 10 medali ini di luar ekspetasi, karena sebenarnya atlet judo yang turun di AUG 2024 ini gabungan dari pelatnas dan pelatda yang fokus PON, tapi semangat mereka semua sama yakni juara untuk Merah Putih,” ujar Samsul.

Hingga penyelenggaran hari kelima, Kontingen Indonesia kian kokoh menduduki puncak klasemen sementara. Hingga 20.00 WIB, Merah Putih telah mengumpulkan 54 medali emas.

Peraih Emas Judo di AUG 2024:

1. Judo-Men’s -60 kg a.n. Tommy Darmawan

2. Judo-Men’s 66 kg a.n. Abdillah Bustomy

3. Judo-Women’s 48 kg a.n. Melli Marta Rosita

4. Judo-Women’s 63 kg an Syerina

5. Judo-Men’s 73 kg an Chandra Kurnia Rettob

6. Judo-Wonen’s 57 kg an Ni Komang Sri Witari

7. Judo-Women’s -78kg an Helena Husyen

8. Judo-Women’s +78 kg an Indah Permata Sari

9. Judo-Man’s +100kg an I Gede Agastya Darma Wardana

10. Judo-Mixed Team an Bustomi Abdillah, dkk. ***