JAKARTA - PDIP dan PKB dikabarkan sudah membahas kemungkinan menduetkan (memasangkan) Anies Baswedan dan Andika Perkasa sebagai calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

Dikutip dari Kompas.com, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar membenarkan kabar tersebut. Namun, Muhaimin menegaskan bahwa pembicaraan antara kedua partai itu belum final.

"Masih diskusi, belum (final). Masih ada beberapa alternatif," kata Muhaimin di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/7/2024).

Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, mengakui bahwa PKB memang condong mendukung Anies pada Pilkada Jakarta. Namun PKB belum memutuskan siapa sosok yang akan mendampingi Anies.

Cak Imin pun belum bisa mengambil sikap dengan mencuatnya duet Anies-Andika untuk Pilkada Jakarta.

"Ya itu, saya belum tahu, PDIP mau enggak? (Duet Anies-Andika)," ucap Cak Imin.

Untuk diketahui, PDIP memprioritaskan Andika Perkasa sebagai calon gubernur yang akan diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

Namun, Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyebutkan bahwa nama Andika belum disetorkan ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ia menyebutkan, Anies Baswedan pun masih menjadi salah satu tokoh yang dipertimbangkan untuk diusung oleh partai berlambang banteng itu.

Sementara itu, Anies sejauh ini sudah mengantongi dukungan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun, PKS ngotot menduetkan Anies dengan salah seorang kadernya, Sohibul Iman.***