YOGYAKARTA - Pebulutangkis tunggal putra China, Zhang Zhi Jie, meninggal dunia, di Yogyakarta, Ahad (30/6/2024) malam, sekitar pukul 23.20 WIB.

Zhang meninggal dunia setelah kejang-kejang dan pingsan di lapangan saat berlaga melawan pebulutangkis Jepang, Kazuma Kawamo, di babak penyisihan Grup D Badminton Asia Junior Championships 2024 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Ahad malam.

"Zhang Zhi Jie dari China, pemain tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin," bunyi pernyataan Badminton Asia dan PBSI, dalam keterangan pers, Senin (1/7/2024) dini hari, seperti dikutip dari Inews.id.

"Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit," tambah pernyataan tersebut.

"Badminton Asia, PBSI dan Panitia Penyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga dan Asosiasi Bulutangkis China (CBA). Dunia bulutangkis kehilangan pemain berbakat," tutup pernyataan tersebut.

Zhang jatuh dan kejang-kejang pada game pertama saat poin imbang 11-11 melawan Kawamo.

Saat itu, Zhang bersiap untuk menerima servis dari Kawamo. Namun secara tiba-tiba, pemain asal China itu terjatuh di lapangan dan langsung kejang-kejang.***