PEKANBARU – Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Unit Pelaksana Teknis (UPT, Pengelolaan Pendapatan Bengkalis Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau di Jalan Antara, Bengkalis, Kamis (27/6/2024). Saat sidak, Pj Gubri menemukan banyak fasilitas terbengkalai.

Beberapa fasilitas yang dinilai terbengkalai tersebut, seperti kursi ruang tunggu yang sudah banyak rusak, beberapa tanaman mati. Selain itu masih ada menampilkan info kegiatan kegiatan tahun 2022. Kemudian, lebih parahnya lagi, tidak adanya fasilitas air minum bagi wajib pajak yang sedang menunggu antrian.

Usai melakukan sidak, Pj Gubri kemudian mengumpulkan para pegawai di UPT tersebut. Dalam arahannya, Pj Gubri meminta para pegawai di lingkungan UPT untuk dapat melakukan perubahan, karena mereka diberikan insentif untuk bertugas di UPT Bapenda.

“Saya minta agar kantor UPT ini dirapikan dan dibersihkan, sehingga masyarakat yang datang untuk membayar pajak bisa nyaman. Berikan pelayanan yang nyaman dan cepat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubri juga mengatakan bahwa hidupnya suatu pembangunan daerah dipengaruhi pendapatan daerah. Karena itu para pegawai Bapenda harus bekerja keras.

“Pegawai Bapenda harus bekerja keras, karena Bapenda ini beda dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. Kalau kerjanya biasa saja. Banyak orang berebut mau kesini,” ujarnya.

Pj Gubri juga meminta pegawai UPT Bapenda Riau untuk melibatkan pemerintah daerah setempat dalam mengejar potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena nantinya pemerintah daerah juga yang akan menikmati PAD tersebut.

“Saya minta pegawai UPT Bapenda untuk melibatkan pemerintah daerah dalam mengejar potensi PAD,” sebutnya. ***