SURABAYA - Kontingen Indonesia melanjutkan sukses di 21th ASEAN University Games (AUG) 2024. Kali ini raihan sukses dipersembahkan cabang olahraga (cabor) tenis yang berhasil mengawinkan gelar beregu putra dan putri dalam pertandingan yang berlangsung di Lapangan Tenis Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Surabaya, Jawa Timur, Kamis (27/6/2024).

Hasil manis tersebut didapatkan setelah Tim Beregu Tenis Putra Indonesia merebut tiga kemenangan, yakni kontra Thailand dengan skor 2-1, melibas Filipina dengan nilai 3-0, dan menumbangkan Singapura dengan skor 2-1.

Sukses serupa juga diraih Tim Putri Beregu Indonesia, yang juga sukses mengoleksi kemenangan sempurna. Fadona Titalyana Kusumawati dkk menang 3-0 atas Singapura, menumbangkan Thailand dengan skor 3-0, dan menang 2-1 atas Filipina.

“Alhamdulilah tenis bisa menyumbangkan medali emas di nomor beregu putra dan putri. Ini sesuai target kami, dan semoga kemenangan ini bisa memberikan semangat lebih kepada para pemain untuk mendapatkan hasil terbaik di nomor individu,” ujar Manajer Tenis Kontingen Indonesia Hari Nugroho.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinar Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta mengatakan pihaknya tengah fokus terhadap recovery para atlet. Sebab, padatnya pertandingan dan cuaca panas membuat mereka harus ekstrafokus terhadap kondisi pemain.

“Anak-anak bertanding bisa 2 hingga 4 pertandingan karena ada beberapa pemain yang turun di nomor beregu dan individu. Sekarang pertandingan beregu sudah usai, kita fokus di individu. Insya Allah kita bisa menambah 2 medali emas lagi untuk Indonesia,” kata Hari.

GoRiau Tim Tenis Beregu Putri Indones
Tim Tenis Beregu Putri Indonesia. (Foto:Kontingen Indonesia)

Hingga pukul 19.00 WIB, Kontingen Indonesia mampu mendapat tambahan 16 keping emas,  yakni 5 emas dari cabor wushu, 3 emas dari judo,  2 tenis, 2 catur, 2 sport climbing, dan 2 renang.

Kontingen Indonesia dipimpin Del Asri berkekuatan 392 atlet dan 91 official. Merah Putih akan turun di 247 nomor pertandingan dari 18 cabang olahraga, yaitu panahan, atletik, bulutangkis, bola basket, mind sport (catur dan bridge), futsal, bola tangan, judo, karate, pencak silat, pentaque, sepak takraw, panjat tebing, renang, taekwondo, tenis, wushu, serta voli (indoor dan pantai).

Hasil Medali Emas AUG 2024, Kamis (27/4) Pukul 19.30

11. Wushu-Men’s Taijiquan an Ferdiansyah Rainer Reinaldy

12. Wushu-Men’s Daoshu an Seraf Naro Siregar

13. Wushu-Women’s Jianshu an Simon Andrea

14. Tennis-Women’s Team an Fitriana, dkk

15. Judo-Women’s 63 kg an Syerina

16. Judo-Men’s 73 kg an Chandra Kurnia Rettob

17. Judo-Wonen’s 57 kg an Ni Komang Sri Witari

18. Chess-Men’s Blitz an Azarya Jodi Setyaki

19. Chess-Men’s Blitz Team an Azarya Jodi Setyaki, dkk

20. Wushu-Sanda Women’s 52 kg an Tharisa Dea Florentina

21. Wushu-Sanda Women’s 56 kg an Edina Saputri Sunarya

22. Swimming-Women’s 400 m Individual Medley an Azzahra Permatahani

23. Swimming-Women’s 800 m Freestyle an Izzy Dwifaiva Hefrisyanti

24. Sport Climbing-Men’s Lead an Muhammad Riyan Alfiandi

25. Sport Climbing-Women’s Lead an Nurdiatul Jannah

26. Tennis-Men’s Team an Rifqy Sukma Ramadhan, dkk. ***