SELATPANJANG – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Tempat Pemungutan Suara (TPS) 002 di Desa Tanjung Peranap, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti, Sabtu, dikawal ketat oleh satuan gabungan pengamanan.

Dalam PSU yang berlangsung Sabtu (29/6/2024) itu, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setyawan, S.H, S.IK mengumpulkan dan memberikan atensi seluruh satuan pengamanan agar proses pencoblosan berjalan lancar hingga tuntas.

"Situasi aman terkendali seperti yang kita saksikan bersama berjalan lancar. Sejak pukul 7.30 WIB tadi, kita menerima laporan sebanyak 35 orang telah menyalurkan hak pilihnya pada PSU di TPS 002 Tanjung Peranap ini," ujarnya.

Kurnia mengatakan, ada 68 orang personel gabungan dari stakeholder terkait untuk siaga pengamanan di lokasi. Personel gabungan tersebut terdiri dari jajaran Polri, TNI hingga Linmas.

"Arahan itu kita fokuskan kepada pengamanan PSU hari ini sampai siang, sekira pukul 13.00 WIB. Setelah itu istirahat 30 menit, baru kita dilaksanakan penghitungan suara," ujarnya.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, Kapolres Kurnia mengungkapkan proses pencoblosan ulang hingga proses rekapitulasi akan rampung sekitar pukul 16.00 WIB. Setelah proses PSU rampung, pihaknya akan mengawal surat suara sampai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tebingtinggi Barat.

"Perkiraan kami pukul 16.00 WIB akan selesai, dan seterusnya surat suara akan kita kawal menuju ke PPK di Pusat Kecamatan Tebingtinggi Barat. Khusus proses pengamanan di kecamatan, nantinya akan disambut oleh 20 orang personel," sebutnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan PSU TPS 02 Tanjung Peranap juga mendapat perhatian penuh dari Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal dan dipantau langsung oleh Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan serta Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal. ***