SELATPANJANG – Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto menyerahkan 35 Surat Keputusan (SK) Penetapan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) kepada tenaga pendidik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang mengabdi di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Adapun SK PPPK formasi guru yang diserahkan Pj Gubernur itu merupakan guru, SMA, SMK dan SLB. Penyerahan SK dipusatkan di Aula SMAN 1 Tebingtinggi, Kamis (27/6/2024) sore.

Dalam sambutannya, SF Hariyanto mengatakan bahwa pengangkatan PPPK bertujuan untuk menambah tenaga pengajar di Provinsi Riau. Dia menyampaikan selamat mengemban tugas kepada 35 ASN PPPK.

"Saya pribadi dan pemerintah Provinsi Riau, mengucapkan selamat kepada 35 orang PPPK tenaga guru yang bertugas di Kabupaten Kepulauan Meranti. Alhamdulillah pada hari ini penantian bapak ibu semua menjadi kenyataan menjadi ASN," ujarnya.

SF Hariyanto juga menjelaskan bahwa penyerahan SK PPPK ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Riau terhadap pengabdian para guru tersebut. Setelah memiliki SK PPPK itu, dia berharap semangat serta dedikasi para guru dalam mendidik anak-anak di Riau semakin meningkat. Pemprov Riau selalu berupaya memberikan kepedulian terhadap kesejahteraan guru.

"Semoga semangat para guru semuanya dapat dipertahankan. Saya dengar tadi ada yang 10 tahun dan ada yang 25 tahun mengabdi sebagai honorer. Sangat lama penantiannya untuk menjadi ASN dan ini sangat luar biasa," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, SF Hariyanto juga menjanjikan kepada para guru PPPK itu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3.

"Walaupun Selatpanjang Kepulauan Meranti ini kecil kotanya, namun ketika nanti tenaga pengajarnya doktor semua dan itu sangat luar biasa. Untuk itu jangan segan-segan, nanti laporkan kepada saya," ucapnya lagi.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj. Gubernur Riau SF Hariyanto.

Asmar juga mengucapkan selamat kepada para guru yang menerima SK PPPK dari Pemprov Riau. Dia berharap momen tersebut jadi penyemangat bagi para guru untuk mendedikasikan diri sebagai tenaga pendidik dengan maksimal.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Pj Gubernur Riau, semoga dengan para guru bisa lebih baik lagi kedepannya dalam mendidik anak bangsa," ucap Asmar.

Sementara itu, seorang guru bernama Darmawan (53), mengaku senang dan terharu setelah menerima SK PPPK dari Pj Gubernur Riau. Menurutnya, banyak sekali pengalaman yang dilalui selama 25 tahun mengabdi sebagai tenaga honorer. Kini mimpinya telah terwujud, lantaran telah menerima SK dari Pj Gubri dan menjadi guru berstatus ASN.

"Alhamdulillah tentunya merasa bahagia sekali karena selama 25 tahun menjadi honor dan sekarang bisa diangkat menjadi ASN PPPK. Ini tentunya tidak terlepas berkat doa dari orang tua, istri, teman dan orang-orang terdekat saya," pungkasnya.

Tampak hadir dalam kunjungan tersebut, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Roni Rakhmat, Kepala BKD provinsi Riau Mamun Murod, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Riau Ir. M Taufiq OH, serta Kepala Bidang Guru dan Ketenagaan Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Riau Firdaus.

Hadir mendampingi Plt Bupati Asmar, Anggota DPRD Kepulauan Meranti Al Amin, Plt Asisten I M. Mahdi, para kepala OPD, dan undangan lainnya. ***