SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Agenda tahunan Tour de Siak merupakan salah satu upaya Pemkab Siak dalam mempromosikan pariwisata daerah yang tercantum pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2011-2016. Memasuki tahun kedua, Tour de Siak 2014 yang akan digelar 16-21 September nanti, diharapkan mampu mendatangkan investor untuk berinvestasi di Siak, khususnya dibidang pariwisata.

"Atas dasar itulah, Pak Bupati berharap pelaksanaan Tour de Siak tahun ini harus lebih baik dari tahun kemaren," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Siak, H Yan Prana MSi kepada GoRiau.com, Senin (25/8/14).

Untuk mendukung pelaksanaan Tour de Siak tahun ini, lanjut Yan, Pemkab telah menganggarkan dana sebesar Rp1,5 miliar. Selain itu, juga ada bantuan proposal dan rekening khusus dari perusahaan yang beroperasi di Siak.

"Bantuan dari perusahaan itu lebih diutamakan berupa barang, seperti pemasangan spanduk, mendatangkan artis dan lain sebagainya. Intinya, tak ada paksaan untuk membantu kegiatan ini, perusahaan mau bantu silakan, tak bantu juga tak masalah," jelasnya.

Yan membantah terkait adanya informasi berkembang, dimana perusahaan diwajibkan membantu berupa uang dengan jumlah tertentu. Meskipun ada rekening khusus yang disediakan pihak panitia, namun sifatnya tidak wajib. Rekening itu disiapkan bagi perusahaan yang tidak memiliki waktu untuk membeli berbagai sarana pendukung lainnya.

"Kalau ada perusahaan yang tak punya waktu atau tak tahu apa yang harus disumbangkan, mereka boleh bantu uang lewat rekening. Nanti, dari uang itu akan kita beli sesuai kebutuhan, kemudian Surat Pertanggungjawabannya (SPj) kita buat. Jadi, tak ada masalah karena tidak melanggar aturan yang ada," tutup Yan.(nal)