JAKARTA – Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro mewakili Menpora Dito Ariotedjo menghadiri acara Olympic Day 2024 yang digelar Indonesian Olympian Association (IOA) di Wisma Serbaguna Komplek Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (21/6/2024).

Di hadapan 50 Olympian, Gunawan Suswantoro meminta dukungan dan doa dari para Olympian dan masyarakat agar Tim Indonesia yang saat ini telah meloloskan 23 atlet mampu meningkatkan perolehan medali pada di Olimpiade 2024 Paris yang akan berlangsung 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.

“Hingga saat ini sudah tercatat 23 atlet yang akan memperkuat Tim Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. Mari kita dukung dan doakan agar mereka bisa meningkatkan perolehan medali,” kata Gunawan Suswantoro yang memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Olympic Day.  

Pada Olimpiade 2020 Tokyo, Tim Indonesia berhasil merebut 1 medali emas, 1 perak, dari 3 medali perunggu. Medali emas disumbangkan pasangan  ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu dari bulutangkis dan perak disumbangkan lifter angkat besi Eko Yuli Irawan. Sedangkan tiga medali perunggu dihasilkan lifter Rahmat Erwin Abdullah, lifter putri Windy Cantika Aisah dan Jonathan Christie.

Dalam kesempatan itu, Gunawan Suswantoro juga mengungkapkan rencana pemindahan Museum Olahraga yang semula di Cibubur, Jakarta Timur ke Hall C Komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. “Museum Olahraga ini bukan hanya berisikan fisik saja tetapi juga foto-foto atau momen rekaman video saat atlet Indonesia meraih medali di Olimpiade. Kalau ada Olympian yang punya momen rekaman video tersebut bisa menghubungi Kemenpora,” imbuhnya. ***