PASIR PENGARAIAN – Dinas PUPR Rokan Hulu terus menggesa peningkatan ruas jalan tengah dan poros desa di Negeri Seribu Suluk. Kegiatan ini merupakan salah satu kebijakan instansi itu, menyambungkan jalur transportasi antardesa guna mendukung perekonomian masyarakat.

Saat ini, Dinas PUPR Rohul tengah melaksanakan pengerasan jalan di tiga dusun, yakni Dusun Eka Jaya, Dusun Dwi Jaya dan Dusun Tri Jaya, ketiganya berasa di Desa Muara Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu.

Data di Dinas PUPR Rohul, jalan yang tengah dilakukan proses pengerasan mencapai 800 meter untuk tiap dusun. Sedangkan pelaksanaannya dilakukan UPTD III Wilayah II PUPR Rohul.

Kegiatan itu mendapat respons positif dari masyarakat setempat. Karena pengerasan jalan itu semakin mempermudah masyarakat dalam membawa hasil kebun, yang kebanyakan adalah sawit.

"Dampak pengerasan jalan ini sangat besar bagi kami masyarakat di sini yang sebagian besar berprofesi sebagai petani sawit," ujar Heri, Kepala Dusun Eka Jaya, Jumat (21/6/2024).

Menurutnya, dengan kondisi jalan yang rata dan mukus, membuat akses antar desa jadi semakin lancar. "Yang kita butuhkan di sini memang hal seperti ini. Kalau akses lancar, aktivitas ekonomi petani juga terbantu," tambahnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Rohul, Anton, ST, MM menerangkan, peningkatan jalan tengah dan poros desa yang meliputi jalan antar dusun, merupakan salah satu prioritas pihaknya mengingat hal itu sangat dibutuhkan masyarakat pedesaan

"Kami mulai dari lingkup yang terkecil yakni jalan tengah desa yang meliputi jalan antar dusun untuk membangun satu konektivitas jalan lintas angkutan yang baik," sebut Anton.

Sementara itu, Kasi UPTD III Wilayah II PUPR Rohul, Khairul, menerangkan, saat ini proses pengerasan jalan tetap berlanjut.

"Masih berjalan proses penanganannya. Kalau kondisi cuaca bagus dengan intensitas hujan yang rendah maka kami harap pekerjaan pengerasan selesai tepat waktu", tutup Khairul. ***