PASIR PENGARAIAN – Masyarakat Desa Koto Baru, Kecamatan Kunto Darussalam, Rokan Buku, mengapresiasi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rohil. Hal itu seiring dengan tuntasnya pembangunan jalan akses desa di kawasan itu.

Adapun pekerjaan yang telah tuntas itu adalah pengerasan jalan sepanjang 3 kilometer dan pengaspalan sepanjang 2 kilometer di akses jalan Desa Kota Baru.

"Saya mewakili masyarakat Desa Kota Baru,mengucapkan terima kasih pada Bupati Rohul dan Dinas PUPR yang telah merealisasikan pekerjaan di akses jalan desa, " ujar Kades Kota Baru, Hary Bagja Sianuddin, S.Sos, Jumat (24/5/2024).

Dikatakan, dengan tuntasnya pembangunan jalan tersebut, berdampak besar bagi masyarakat. Sebab jalan akses itu merupakan urat nadi pusat aktivitas perekonomian masyarakat Desa Kota Baru.

"Ini sudah lama diimpikan masyarakat, karena akan berdampak signifikan bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat desa," tambahnya.

Kades Kota Baru ini juga berharap setelah pekerjaan akses jalan desa selesai, akan dilanjutkan dengan perbaikan infrastruktur lainnya.

Hal senada juga diungkapkan warga. "Senang rasanya akses jalan desa dapat diperbaiki, Sehingga tak ada lagi kendala untuk angkutan produksi hasil panen," ucap Budi (42), salah warga.

Sedangkan Sukadi (47) turut mengapresiasi hal tersebut. "Dampak dari perbaikan jalan desa sangat besar bagi kami, Masyarakat Desa Kota Baru ini", ujar Ayah tiga orang anak ini.

Bagian Perencanaan

Terpisah, Kadis PUPR Rohul, Anton, ST, MM menjelaskan, pekerjaan perbaikan akses jalan Desa Kota Baru merupakan bagian dari perencanaan untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur desa di Kabupaten Rohul.

"Pekerjaan di Desa Kota Baru merupakan usulan yang menjadi prioritas untuk peningkatan infrastruktur desa yang ada di Rohul," terang Anton.

Anton menambahkan, Dinas PUPR tetap berpedoman terhadap usulan dan aspirasi yang nantinya akan masuk dalam perencanaan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan.

"Tetap kami kerjakan sesuai perencanaan, Namun pelaksanaan di lapangan kami fokuskan untuk pemerataan infrastruktur perbaikan akses jalan di setiap desa agar dampaknya dapat dirasakan menyeluruh oleh seluruh desa yang ada di Rohul", tutupnya. ***