BAGANSIAPIAPI – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir telah menetapkan sejumlah agenda, terkait Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah Tahun 2024 Masehi. Setidaknya, ada 30 masjid di Kota Bagansiapiapi dan sekitarnya, yang petugasnya telah ditetapkan. Mulai dari khatib, imam hingga bilal.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menetapkan petugas Khotib,Imam dan Bilal yang bertugas di mesjid sekitar Bagansiapiapi. Hal ini sudah diumumkan sejak beberapa hari lalu. Q1

Sementara itu, Bupati Rohil,Afrizal Sintong, Ahad (16/6/2024) mengatakan, rangkaian Idul Adha dimulai dari pawai takbir Idul Adha yang dipertandingkan.

"Pawai takbir ini diikuti masjid, musalla, OPD di lingkungan Pemkab dan madrasah," terangnya.

Panitia seperti biasa menyiapkan trophy. Ada piala tetap dan piala bergilir. Pawai akan dilepaskan Forkopimda Rohil yang dimulai dari depan Kantor BPKAD Rohil di Jalan Merdeka Bagsnsiapiapi.

Keesokan harinya, dilaksanakan Salat Idul Adha yang dimulai pukul 07.00 WIB.

Menurut rencana, Bupati Rohil Afrizal Sintong dan keluarga akan melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung Al Ikhlas di Jalan Utama Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko.

Pada hari itu juga akan digelar open house oleh Bupati, Wakil Bupati dan Sekdakab Rohil untuk masyarakat bersilaturahmi.

"Usai salat Idul Adha, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban, oleh panitia qurban yang telah dibentuk di masjid-masjid. Semoga prosesi kurban berjalan dengan lancar, " harap Afrizal Sintong.

Sementara itu jamaah Madrasah Chalifah Oesman akan menggelar sholat di lapangan Madrasah Chalifah Oesman.

Madrasah Chalifah Oesman Syahabuddin Naqsabandiyah berada di Jalan Madrasah Kelurahan Bagan Timur, Bagansiapiapi Rohil.

Rencananya, Imam Tuan Guru Chalifah Idris akan jadi imam Salat Idul Adha. Sedangkan khatib dipercayakan kepada ustaz Rio Yunardi, SPi dan bilal Muhammad Hudbah.SPi. ***