MALANG - Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Jawa Timur, akan digelar Senin (17/6/2024). Rencananya, khatib, imam dan bilal pada shalat tersebut adalah wanita.

Dikutip dari Inews.id, informasi tersebut diketahui dari pamflet yang beredar di media sosial bertuliskan "Hadirilah Salat Idul Adha Khusus Mahasantri Putri". 

Dalam pamflet tersebut tertulis khatib adalah Prof Dr Tutik Hamidah, MAg,vGuru Besar Fakultas Syariah dan Anggota Fatwa MUI Kota Malang, sedangkan imam shalat Firdausi Nuzula, Mahasantri Mabna Asma' bin Abi Bakar, dan bilalnya Gita Selvia, Musyrifah Mabna Ummu Salamah.

Rencananya, shalat Id dilangsungkan di Masjid Ulul Albab Mahasantri Putri' UIN Malang, Senin (17/6/2024) pagi mulai pukul 06.00 WIB. 

Ketua Pusat Ma'had Al Jam'iyah Ahmad Izzuddin mengatakan, pamflet atau flyer yang beredar di masyarakat itu masih merupakan rencana dan belum tentu terealisasi karena mengantisipasi banyaknya jamaah dari mahasiswa UIN dan masyarakat sekitar.

"Flyer yang beredar di masyarakat pada dasarnya masih merupakan draft rencana kegiatan, untuk mengantisipasi over loadnya jamaah Shalat Idul Adha di masjid mahasantri putra yang berjumlah 1.932, dan apabila ditambah dengan mahasantri putri yang berjumlah 2.559, dan masyarakat sekitar sangat tidak memungkinkan dan menyulitkan pengaturannya," ucap Ahmad Izzuddin dalam keterangan tertulisnya, Ahad (16/6/2024) malam.

Dia mengatakan, pelaksanaan shalat Idul Adha telah dikomunikasikan dengan pimpinan, pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang, hingga pengurus MUI Jawa Timur, untuk meminta arahan dan petunjuk apabila kegiatan tersebut jadi dilaksanakan.

"Karena rencana kegiatan tersebut pelaksanaannya masih sangat tergantung kepada situasi dan kondisi yang ada. Maka flyer, baliho dan juga informasi kegiatan tersebut tidak kami sosialisasikan dalam web resmi Pusat Mahad Al-Jamiah, maupun media sosial resmi di lingkungan Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," ujarnya.***