BAGANSIAPIAPI – Warga Kota Bagansiapiapi mengharapkan Pemkab Rokan Hilir segera mengatasi kemacetan arus lalu lintas di Jalan Pahlawan. Pasalnya kondisi saat ini dirasakan kian bertambah parah.

Menurut penuturan sejumlah warga, ada dua hal yang dinilai menjadi penyebab utama mengapa kondisi itu terjadi. Di antaranya keberadaan para pedagang kaki lima (PKL) yang tidak tertata dengan baik. Selain itu, parkir kendaraan yang semrawut, juga membuat kondisi di jalan itu kian parah.

Belum lagi aktivitas truk yang dengan bebas melintas di jalan itu, meski pada saat jam sibuk dengan aktivitas warga Kota Bagansiapiapi.

Dari pantauan lapangan, Selasa (21/5/20†24), sejumlah petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Rohil tampak menertibkan areal parkir di depan gerbang masuk RSUD Pratomo Bagansiapiapi.

Namun penertiban tersebut terkesan tak maksimal. Petugas tampak hanya mengawasi dari rumah warga yang berada di seberang rumahku sakit. Sedangkan di kawasan itu tampak sudah berjejal becak motor.

Menurut Irfan, warga Bagansiapiapi jika kehadiran petugas hanya sekedar mengawasi di depan rumah warga, itu tak tepat. Karena tanpa ada tindakan tegas, sulit menertibkan parkiran yang sudah semrawut.

Sedangkan Rizal (55),warga Bagan Timur, mengharapkan petugaa yang turun ke kawasan itu, benar-benar melaiukan penertiban. Tidsk sekedar duduk dan memantau situasi.

"Harus tegas, jangan terkesan sekedar turun ke lapangan, terus ambil foto untuk dikirim ke pimpinan,’’ sindirnya.

Keduanya berharap, tidak Dishub saja, namun instansi terkait lainnya juga harus bersikap tegas. Jangan saling lempar tanggung jawab. Apalagi, sudah ada Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang hal itu. ***