SIAK SRI INDRAPURA – Masyarakat Jawa di Riau memegang peranan penting dalam kehidupan kemasyarakatan di Riau, pasalnya 27 persen dari penduduk Riau adalah beretnis Jawa. Dari persentase itu, 7 persen diantaranya berada di Kabupaten Siak.

Hal itu disampaikan Bupati Siak Alfedri saat menghadiri peringatan hari jadi Ikatan Jawa Riau (IKJR) ke-18 dan Silahturahmi Halal Bihalal bersama masyarakat jawa se-Kabupaten Siak yang dipusatkan di Kecamatan Sabak Auh, Sabtu (11/5/2024).

Hari jadi Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Keluarga Jawa Riau (DPD IKJR) Kabupaten Siak tahun ini bertemakan "Mari Kita Rajut Kebersamaan Dalam Kebhinekaan Untuk Mengambil Peran Dalam Membangun Kabupaten Siak"

"Selamat hari jadi Ikatan Keluarga Jawa Riau kabupaten Siak. Momentum ini merajut tali silaturahmi dan perkuat ukhuwah tali persaudaraan baik kabupaten Siak dan Provinsi Riau umumnya," ucap Alfedri dalam sambutan.

Alfedri mengucapkan selamat datang ketua umum DPP IKJR Provinsi Riau, Sukiman di Kabupaten Siak, dari 27 persen masyarakat jawa yang ada di provinsi Riau ini dan 7 persennya ada di kabupaten Siak.

Alfedri mengatakan Pemerintah Kabupaten Siak akan selalu mendukung segala bentuk kegiatan kemasyarakatan, sebab ini sejalan dengan program yang ia usung sebagai Bupati bersama Wakil Bupati.

"Seperti program Bujang Kampung untuk memberikan pelayanan pokok kepada masyarakat pelayanan kesehatan, administrasi kependudukan, bantuan sosial. Program untuk Keluarga Harapan BeTunas merupakan bukti kami peduli dalam menyiapkan anak-anak kabupaten Siak, dengan begitu menjadikan generasi muda Siak kedepan lebih cemerlang dan berkualitas," terangnya.

Bupati ingin komitmen yang telah terbangun butuh dukungan dan sport dari semua pihak yang ada di kabupaten Siak.

"Kami pun tidak akan berfokus pada satu program kerja saja, karena saat ini kami sedang mempersiapkan untuk mendatangi sekolah menengah atas (SMA) untuk memberikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) karena mereka ini sudah cukup usia mendapatkan kartu identitas nya. Dan program ini akan berlanjut juga kepada anak-anak tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)," harap Alfedri.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) Sukiman yang juga Bupati Rokan Hulu berpesan kepada masyarakat kabupaten Siak yang tergabung dalam keluarga besar IKJR, mari kita selalu menjaga persatuan dan selalu kompak saling menjaga silaturahmi sesama masyarakat Riau dan Jawa.

"Mari selalu kita rajut tali silaturahmi kita antar sesama masyarakat jawa dan riau sekitarnya, selalu jaga kebersamaan dalam kebhinekaan. Dan saya juga mengajak masyarakat keluarga masyarakat jawa untuk selalu mendukung program pemerintah Kabupaten Siak ini," tutupnya. (adv)