PADANG - Badan jalan lintas Sumatera di Lembah Anai, Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumatera), longsor pada Sabtu (11/5/2024) malam. Akibatnya, jalur lintas Padang-Bukittinggi via Lembah Anai terputus.

Dikutip dari Sindonews.com, anggotaSat Lantas Polres Padang Panjang, Brigadir Teddy dari Sat Lantas Polres Padang Panjang, longsor terjadi pada pukul 23.50 WIB di lokasi pelebaran jalan Lembah Anai. Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu sore.

"Saat ini, kendaraan dari arah Padang dihentikan di Lembah Anai, sedangkan yang dari arah Padang Panjang dihentikan di Kota Padang Panjang," ujar Brigadir Teddy.

Polisi mengimbau masyarakat untuk mencari jalur alternatif jika ingin bepergian dari Padang ke Bukittinggi atau sebaliknya. Jalur alternatif yang bisa digunakan adalah melalui Padang-Pariaman-Lubuk Basung-Bukittinggi, dengan perkiraan waktu tempuh 3,4 hingga 4 jam.

Selain itu, beberapa jalur lain juga mengalami penutupan akibat longsor, yaitu Jalan Raya Batusangkar - Ombilin (Dobok dan Tengah Sawah Rambatan) dan Jalan Raya Batusangkar - Padang Panjang (Manunggal).

Bagi masyarakat yang ingin bepergian dari Padang ke Bukittinggi atau sebaliknya, disarankan untuk menggunakan jalur alternatif Padang-Pariaman-Lubuk Basung-Bukittinggi dan mewaspadai kondisi jalan yang licin akibat hujan.***