PEKANBARU - Ratusan umat Islam menunaikan Shalat Idul Adha 1445 H di Masjid Paripurna Al Mukminin di Jalan Kutilang Sakti, Kelurahan Simpang Baru, Binawidya, Pekanbaru, Senin (17/6/2024) pagi.

Pantauan Goriau.com, separuh dari jamaah tidak tertampung dalam ruang masjid, sehingga terpaksa meluber ke teras kanan-kiri dan belakang masjid. Teras belakang yang lebih luas, khusus untuk jamaah perempuan.

GoRiau Sebagian jamaah shalat di tera
Sebagian jamaah shalat di teras belakang masjid karena tak tertampung dalam ruang masjid. (Goriau.com/bas)
Khatib pada shalat tersebut adalah Ustaz Habib Zan Al Khirid, sedangkan yang menjadi imam adalah Imam Besar Masjid Paripurna Al Mukminin Ustaz Budi Asri Ritonga.

Dalam khutbahnya, Ustaz Habib Zan Al Khirid mengajak umat Islam meneladani ketaatan Nabi Ibrahim AS dan keluarganya terhadap Allah SWT.

"Nabi Ibrahim sanggup menyembelih putranya Ismail karena mematuhi perintah Allah. Ismail pun ikhlas dikurbankan ayahnya karena ketaatannya kepada Allah," ujar Ustaz Habib.

Lanjut Ustaz Habib, ketaatan Ismail terhadap Allah merupakan buah dari didikan ayahnya, Ibrahim.

"Apakah kita sudah mendidik anak-anak kita menjadi anak-anak yang shaleh, seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim?," kata Habib dengan nada tanya.

Habib mengingatkan, tidak masuk surga orang tua yang ahli ibadah sekalipun bila dia tidak mendidik anaknya menjadi anak yang taat beragama.

"Anak yang tidak diajarkan oleh orang tuanya menaati perintah Allah, nanti di akhirat akan menghalangi orang tuanya masuk ke surga," tuturnya.

"Demikian juga dengan suami yang membiarkan istrinya membuka auratnya sehinggga auratnya terlihat orang lain, di akhirat nanti tidak dipandang Allah. Kalau tak dipandang Allah, maka akan dimasukkan Allah ke neraka," sambungnya.

Sementara Ketua Pengurus Masjid Paripurna Al Mukminin Suryanto, menjelang pelaksanaan Shalat Idul Adha menyampaikan, bahwa tahun ini jumlah hewan kurban di Masjid Al Mukminin sebanyak 22 ekor. Dengan rincian, 13 ekor sapi dan 9 ekor kambing.

"Lebih banyak dari tahun sebelumnya. Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi," harapnya.***bas