PEMALANG - Sebuah truk tronton ekspedisi yang sarat muatan terbakar di Jalan Tol Pemalang-Semarang, di Kilometer 306, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Ahad (23/6/2024) malam.

Dikutip dari Inews.id, semua muatan truk berupa paket hangus terbakar, kecuali tiga mushaf Alquran. Tiga mushaf Alquran itu masih utuh, seperti tidak tersentuh api.

Proses pemadaman api dengan mengerahkan beberapa unit mobil pemadam kebakaran dari Pemalang berlangsung sekitar dua jam.

Seusai proses pemadaman dan pendinginan, petugas damkar menemukan keajaiban. Tiga mushaf Alquran masih utuh, tidak ikut terbakar, padahal semua barang lain dalam truk ludes dilalap api.

Petugas menemukan mushaf Alquran tersebut dalam puing-puing benda lain yang sudah menjadi arang dan abu.

"Ini kondisinya masih utuh, tidak terbakar. Ada tiga mushaf Alquran," ujar petugas damkar, Agus Surono, Ahad (23/6/2024).

Petugas damkar lainnya Ufan Haryanto mengatakan, truk tronton yang terbakar dapat dipadamkan setelah petugas berjibaku selama dua jam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa, sedangkan untuk kerugian materiel masih dalam proses penghitungan.

Akibat kecelakaan ini, Jalan Tol Pemalang-Semarang sempat macet 2 jam. Sopir truk Muhamad Cholili masih dimintai keterangan oleh polisi setempat.

Sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran. Dugaan sementara ada barang paket yang mudah terbakar namun tidak terdeteksi.***