KUPANG - Deby Tamara Fanggidae (20), mahasiswi sekolah tinggi meninggal dunia karena dilindas truk. Tragedi itu terjadi di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kupang Kota Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sudirman mengatakan, kejadiannya sekitar pukul sekitar pukul 21.30 Wita pada Kamis (27/6/2024) malam.

"Kejadiannya Kamis, 27 Juni 2024 sekitar pukul 21.30 Wita," ujar AKP Sudirman kepada Kompas.com, Jumat (28/6/2024).

Sudirman menuturkan, kejadian itu bermula ketika mobil truk Isuzu Giga bernomor polisi DH 8571AM yang dikemudikan Mikhael Saku Naihauf bergerak dari arah belakang Kampus Universitas Nusa Cendana (Undana) menuju ke arah Pertigaan Beomopu.

Truk itu rencananya hendak berbelok ke kanan menuju arah Tarus untuk tujuan ke Takari, Kabupaten Kupang.

Sekitar 200 meter sebelum Pertigaan Beomopu dari arah Belakang Undana terdapat jalan menurun. Saat itu, pengemudi mobil ingin mendahului sebuah mobil minibus di depannya yang hendak berhenti.

Karena jalan menurun, pengemudi truk sempat menginjak pedal rem dan hendak menurunkan transmisi dari gigi 3 ke gigi 2.

"Namun, justru masuk posisi transmisi netral dan tidak bisa lagi masuk gigi," ungkap Sudirman.

Posisi mobil melaju dan menurun tajam serta rem blong, sehingga pengemudi hanya berusaha menghindar ke kiri dari kendaraan lain yang saat itu berhenti di kanan jalan karena lampu merah.

Mobil yang sedang dalam kecepatan tinggi terus melaju memotong jalan Timor Raya pertigaan Beomopu bergerak lurus ke depan dan menabrak rumah warga.

Korban Deby Tamara Fanggidae yang merupakan mahasiswi salah satu sekolah tinggi di Kota Kupang sedang tertidur di kamarnya. Dia pun terlindas mobil dan tertimpa reruntuhan rumah.

"Posisi mobil melindas kamar korban beserta tempat tidurnya sehingga korban mengalami luka parah dan meninggal dunia di tempat kejadian," kata Sudirman.

Sopir mobil lalu meninggalkan lokasi mencari tempat perlindungan dari amuk massa.

"Saat ini barang bukti sudah kita amankan. Sopir juga sudah kita mintai keterangan," ujar dia.***