SELATPANJANG, GORIAU.COM - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Masrul Kasmy, mengatakan nelayan di Kabupaten Kepulauan Meranti kurang berani saat melaut. Selain cepat pulang ketika melaut, nelayan-nelayan Meranti juga sangat jarang pergi dalam jarak yang sangat jauh.


Pernyataan itu disampaikan usai melakukan kegiatan bersih pantai bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti, TNI, kepolisian, beberapa waktu lalu.
"Nelayan kita kurang berani saat melaut. Mereka biasanya pergi tidak jauh, lalu kembalinya pun sangat cepat," kata Masrul.
Untuk itu, kedepannya DKP Meranti diminta tidak hanya memberikan bantuan peralatan nelayan saja, tetapi harus bisa memberikan motivasi kepada nelayan-nelayan itu.
"Coba berikan mereka (nelayan, red) semangat, yakinkan mereka bahwa saat melaut mereka sedang menghidupi keluarga. Kalau kita pergi ke laut besar tentu ikan-ikannya pun besar," kata Masrul pula.
Waktu itu, Masrul juga mencontohkan kepada nelayan negara tetangga seperti Vietnam dan beberapa negara lain. Menurut Masrul, karena semangat juang tinggi, tak jarang nelayan negara luar itu memasukin wilayan Indonesia. Sementara nelayan Indonesia tidak berniat untuk mencari ikan di laut besar.
"Kalau perlu kita yang melaut sampai ke perbatasan negara tetangga. Tunjukkan kepada negara tetangga bahwa ini nelayan Indonesia," ujarnya pula.(zal)