SURABAYA -  Catur putra Kontingen Indonesia selangkah menyapu bersih medali emas pada 21th ASEAN University Games (AUG) 2024. Gilbert Elroy Tarigan dkk kembali mendulang sukses saat turun di nomor rapid pada pertandingan yang diselenggarakan di Univeritas Surabaya, Jawa Timur, Jumat (28/6/2024).

Gilbert mengamankan medali emas di nomor rapid individu putra usai menyelesaikan 5 kemenangan dan 2 seri pada pertandingan berformat swiss tournament. Total. Gilbert mengoleksi 6 poin dan unggul 1/2 poin atas Lye Lik Zang (Malaysia) yang mendapatkan perak. Sementara perunggu diamankan atlet Indonesia Azarya Jodi Setyaki dengan nilai 5.

“Bersyukur bisa melanjutkan kemenangan dan mendapatkan medali emas lagi hari ini. Rasanya senang bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” kata Gilbert usai pertandingan.

Selain mendapatkan emas di nomor rapid individu putra, Merah Putih juga mendapatkan hasil serupa di rapid beregu putra. Dipunggawai Gilbert, Azarya Jodi Setyaki, Dzithhauly Ramadhan, dan George Lamia mengumpulkan poin tertinggi, yaitu 20 1/2. Perak diamankan Malaysia dengan nilai 16 1/2 dan perunggu didapat Singapura 13 1/2.

Hasil ini sekaligus menambah dominasi catur Indonesia. Sehari sebelumnya, Merah Putih juga sukses di nomor blitz, baik individu yang didapatkan oleh Jodi. Sementara emas beregu juga diamankan Jodi, Gilbert, Dzithhauly, dan George.

“Sebenarnya kami dari tim catur putra Kontingen Indonesia ingin menyapu bersih semua emas. Kami sudah berhasil di rapid dan blitz, jadi kini tinggal nomor klasik,” ujar Jodi.

Mahasiswa Universitas Gajah Mada ini mengatakan yang terpenting adalah menjaga fokus. Sebab permainan catur klasik membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi.

Sebagai informasi, Catur Kontingen Indonesia sudah mengumpulkan 4 emas, 3 perak, dan 1 perunggu. Masih ada 4 nomor lagi yang akan dipertandingkan, yakni catur klasik individu dan beregu putra dan putri.

“Paling sekarang yang dibutuhkan jaga fokus saja karena sebenarnya tenaga kami sudah habis juga di n omor rapid dan blitz. Tapi kami yakin, selangkah lagi bisa menyapu bersih semua emas. Jadi kami berkomitmen akan tampil optimal di nomor klasik, individu dan beregu,” kata Jodi.

Kontingen Indonesia masih kokoh di puncak klasemen sementara dengan total 35 emas, 25 perak, 11 perunggu. Hingga sore pukul 16.00 WIB, Indonesia telah menambah sembilan emas (lihat data). Selain dua keping emas dari catur, ada juga wushu yang memberikan empat medali emas tambahan, dan judo menambah tiga medali emas.

Kepala Kontingen Indonesia Del Asri mengatakan Indonesia masih berpeluang menambah raihan medali karena masih beberapa nomor dari cabang olahraga yang akan bertanding, di antaranya renang, sport climbing, dan basket 3x3.

“Alhamdulilah hingga hari ketiga ini penampilan dan semangat atlet-atlet Kontingen Indonesia masih tetap terjaga. Semoga hasil positif ini bisa terus kita pertahankan hingga penutupan AUG 2024,” kata Del Asri.

Raihan Medali Emas Kontingen Indonesia di AUG 2024, Jumat (28/06/24)*

GOLD

27. Wushu- Men’s Changquan an M.Daffa Golden Boy

28. Wushu-Women’s Changquan an Widodo Euginia Diva

29. Wushu-Men’s Nanquan an Affandi Akbar Dwi

30. Wushu-Women’s Nanquan an Hanamaira Alinska

31. Chess-Men’s Rapid an Gilbert Elroy Tarigan

32. Chess-Men’s Rapid Team an Gilbert Elroy Tarigan, dkk

33. Judo-Women’s -78kg an Helena Husyen

34. Judo-Women’s +78 kg an Indah Permata Sari

35. Judo-Man’s +100kg an I Gede Agastya Darma Wardana. ***