PEKANBARU, GORIAU.COM - Aksi demontrasi kembali digelar di Pekanbaru. Kali ini menimpa PT Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. Perusahaan negara ini dinilai dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu, padahal ini perusahaan negara yang tujuannya untuk meningkatkan penerimaan negara.

Aksi demo digelar aktifis Format, sebuah lembaga yang intens menyorot penyalahgunaan aset negara. Aksi digelar di kantor PTPN V Jalan Rambutan dan juga di Polda Riau. Kedatangan ke Polda dilakukan agar aparat penegak hukum itu mengusut tuntas penyalahgunaan uang negara oleh oknum-oknum PTPN V.

Dalam orasinya Forum Penyelamat Aset Riau (Format) menilai pejabat-pejabat PTPN V, termasuk direksi, telah merugikan keuangan negara dengan memasukkan uang perusahaan ke kantong pribadi. Dugaan itu juga dirinci untuk beberapa kegiatan baik replanting maupun penjualan sawit.

Menurut format, sebagian penjualan sawit kebun PTPN V dijual oknum ke luar atau tidak pada PKS yang dimiliki PTPN V. Dan hasil penjualan itu tidak masuk ke kas negara. Karenanya Format meminta Polda segera melakukan pengusutan. (***/nti)