PEKANBARU – Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto membuka secara resmi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI Provinsi Riau Tahun 2024. Pembukaan dilaksanakan Gelanggang Remaja Pekanbaru, Jumat (28/6/2024) hati ini.

Dari pantauan lapangan, ribuan orang tampak memadati Gelanggang Remaja yang berada di Jalan Sudirman tersebut.

Selain kontingen dan atlet dari seluruh kabupaten dan kota di Riau yang akan bertanding, masyarakat Kota Bertuah juga tampak antusias menghadiri acara pembukaan, yang juga dimeriahkan dengan penampilan artis nasional tersebut.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto mengingatkan seluruh atlet yang akan berlaga, mengedepankan sportivitas dalam bertanding.

"Bertandinglah semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik. Tapi jangan lupa, sportivitas harus tetap didahulukan, " ujarnya.

Dikatakannya, jiwa sportif harus dimiliki oleh seorang atlet, supaya sebuah pertandingan akan berjalan dengan baik. Memang atau kalah adakah sebuah hal yang biasa dalam sebuah pertandingan. Namun sebuah kemenangan tidak akan berbuah manis, bila tidak dilakukan secara sportif.

Selain itu, dengan menanamkan dan memiliki mental sportif, seorang atlet akan berkembang dengan baik.

Bonus Rp5 Miliar

Dalam kesempatan itu, SF Hariyanto juga menjanjikan bonus bagi atlet pelajar Riau, yang mampu menorehkan hasil maksimal.

Dikatakannya, bonus ini berlaku bagi para atlet yang lolos ke ajang Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) kemudian bisa lolos di ajang Popnas.

Bila dalam ajang tersebut sang atlet bisa mempersembahkan medali bagi Riau, maka atlet tersebut berhak mendapatkan bonus sebesar Rp5 miliar.

SF Hariyanto berharap, hal ini bisa menjadi pemicu semangat bagi para atlet untuk berbuat maksimal.

Sontak saja, pernyataan itu mendapat respon meriah dari para atlet yang merupakan pelajar tersebut. Mereka tampak antusias

Pembukaan Popda Riau juga dihadiri oleh seluruh pemegang pemangku kebijakan di Provinsi Riau. Mulai dari kepala daerah, hingga kepala OPD dan pimpinan cabor.

Dari data yang didapat GoRiau.com, ajang ini diikuti 1.792 orang atlet, pelatih, dan ofisial. ***