PEKANBARU – Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan mengatakan, pasar rakyat merupakan unsur penting dalam perekonomian sebuah negara. Karena itu, pasar rakyat idealnya ada di setiap kecamatan.

Hal itu disampaikannya saat meresmikan Pasar Palapa, salah satu pasar rakyat di Kota Pekanbaru, di Labuh Baru, Kecamatan Payung Sekaki, Senin (24/6/2024).

Dikatakannya, pasar rakyat merupakan unsur penting dalam perekonomian sebuah negara. “Kalau keuangan negara cukup, seharusnya pasar rakyat ada di setiap kecamatan. Karena di situlah nanti pemerintah bisa mendekatkan diri kepada rakyat, dan mengembangkan UMKM,” katanya.

Ia menjelaskan, bantuan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah sebesar Rp3 miliar menjadi tanggung jawab Mendag.

“Kalau pasar yang besar, di atas Rp6 miliar, kita serahkan kepada PU, tapi yang mengawasi tetap Mendag,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Zulkifli membeberkan Indonesia berhasil mencegah kenaikan inflasi tidak sampai diatas 3 persen.

“Alhamdulillah, kenaikan inflasi kita hanya sebesar 2,81 persen. Tidak sampai 3 persen,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten II Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Ahmad Ingot Hutasuhut mengucapkan terima kasih karena Pekanbaru selalu mendapatkan bantuan dari Mendag.

“Karena saya pernah menjabat selama 6 tahun menjadi Kadisperindag, Alhamdulillah tidak pernah absen mendapatkan bantuan dari mendag. Kini dilanjutkan oleh adik kami Ami yang saat ini menjadi Kadisperindag,” katanya.

Ingot menuturkan, proyek pembangunan Pasar Palapa tahap 1 sudah dilaksanakan, setelah itu pembangunan Pasar Cik Puan sedang berproses.

“Harapan kami pembangunan Pasar Palapa tahap 2 dilanjutkan. Dan Alhamdulillah, untuk Pasar Cik Puan saat ini sudah berproses,” pungkasnya. ***