SELATPANJANG – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar berharap pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 dapat berjalan aman, lancar dan tanpa terjadi pelanggaran.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Pelantikan Pengawas Pemilihan Kecamatan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, di Ballroom Grand Meranti Hotel Selatpanjang, Sabtu (25/5/2024).

"Semoga Pilkada mendatang dapat terlaksana dengan dengan baik tanpa pelanggaran, sehingga akan tercipta pilkada yang aman, damai, adil, dan sejuk, berkualitas serta berintegritas," kata Asmar.

Dikatakannya, tugas Panitia Pemilihan Kecamatan tidak ringan karena harus mencegah terjadinya kecurangan dan menegakkan demokrasi. Untuk itu, menurutnya dibutuhkan strategi dan metode sehingga pengawasan bisa dilaksanakan dengan baik dan terkontrol.

"Oleh karena itu, kepada seluruh Panwascam yang telah dilantik harus menjalin kerja sama yang baik. Suksesnya tugas yang bapak/ibu kerjakan tergantung sinergitas bersama masyarakat dan pemerintah dengan berpedoman pada regulasi yang berlaku," ujarnya.

Atas nama pemerintah kabupaten, Asmar mengucapkan selamat kepada anggota Panwascam yang baru dilantik.

"Perlihatkan kinerja sebaik mungkin, karena keberhasilan bapak dan ibu turut menentukan masa depan bangsa dan negara," sebut Asmar.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal turut mengucapkan selamat kepada anggota Paswascam yang baru dilantik. Dia berharap suksesnya pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden beberapa waktu lalu dapat dilanjutkan pada pilkada mendatang.

"Saya ingatkan bahwa kita sebagai penyelenggara harus memperlakukan para calon kepala daerah dengan adil dan setara, sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti Syamsurizal melaporkan Panwascam yang dilantik tersebut berjumlah 27 orang. Dia mengingatkan bahwa kerja pengawasan tidak mudah dan memiliki tantangan serta hambatan selama proses pemilihan.

Syamsurizal juga menyampaikan bahwa pelantikan ini sebagai tahapan dari persiapan Pilkada secara serentak, dan panwascam ini juga merupakan hasil evaluasi Panwaslu Kecamatan existing pada Pemilu serentak 2024.

"Saya berpesan kepada kawan-kawan menjaga integritas, netralitas, independensi dan loyalitas agar pilkada berjalan sukses dan berjalan sebagaimana mestinya. Ini yang diharapkan seluruh masyarakat," harapnya.

Disebutkan Syamsurizal, bahwa Panwas Kecamatan ini akan melaksanakan tugas hingga 2025. Tentunya setelah menyelesaikan pemilihan gubernur.

"Semoga amanah ini dapat diemban dengan baik, sehingga pilkada sukses dan kinerja kawan-kawan diberkahi Allah," pungkasnya. ***