PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Kantor Arsip dan Pustaka Daerah Pelalawan memberikan penghargaan Bupati Pelalawan bagi pengunjung perpustakaan terbaik tahun ini. Penilaian dititikberatkan pada intensitas jumlah kunjungan pribadi atau instansi yang melakukan kunjungan ke perpustakaan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Arsip dan Pustaka Pelalawan, HT Ubidillah, Rabu (17/12/2014). Diakatakannya, tahun ini ada 7 kategori yang diberikan penghargaan.

"Kategori yang diberikan penghargaan yakni kategori PAUD/TK, SD/MI sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat, kategori umum, kategori instansi atau lembaga dan kategori Istimewa," sebutnya.

Dijelaskannya, sejak digelarnya pemberian penghargaan Bupati Pelalawan bagi pengunjung perpustakaan yang dimulai tahun 2010, tiap tahunnya pengunjung perpustakaan semakin meningkat.

"Ini bisa dilihat dari antusiasme para pelajar dan masyarakat umum yang berkunjung. Dan khusus bagi pemenang kita meminta membuat makalah tentang perpustakaan sebagai nilai tambah bagi mereka," jelasnya.

Diungkapkannya, meningkatkan antusiasme masyarakat dalam hal membaca dsebabkan banyaknya sumbangan serta partisipasi, baik dari organisasi atau lembaga.

"Seperti NLB Singapura, Tanoto Foundation, PT RAPP, PT Gramedia, Bappeda Pelalawan, LKAM Pelalawan, MKP Pelalawan, Bumi Siak Pusako dan Perpustakaan Nasional," ungkapnya.

Sambung Ubaidillah, sementara untuk pribadi diantaranya, Bupati Pelalawan HM Harris, mantan Bupati Pelalawan Rustam Effendi, Tenas Effendi, Tengku Dahril, Tengku Kamaruddin, Moeslim Roesli dan masih banyak tokoh Pelalawan lainya.(***)