TELUKKUANTAN – Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau Suhardiman Amby bertekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan.

Namun, keinginan Suhardiman Amby tidak bisa dicerna dengan baik oleh Aswandi selaku Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kuansing. Akibatnya, program andalan Suhardiman Amby gagal.

Salah satu program Suhardiman adalah adanya RSUD tipe D di Kecamatan Inuman. Keberadaan RSUD ini diharapkan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar dan kabupaten tetangga. Sebab, jarak tempuh ke RSUD Telukkuantan cukup jauh.

RSUD tipe D di Kecamatan Inuman ini sudah masuk dalam APBD 2023, berupaya penganggaran DED (detail engineering design) yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

Jika DED selesai, Pemkab Kuansing berencana menganggarkan pembangunan fisik RSUD melalui APBD 2024.

Ternyata, Aswandi selaku Kepala Diskes Kuansing tidak melelang DED RSUD tipe D itu. Ia malah kembali memasukkan DED dalam RAPBD 2024 dan mendapat penolakan dari DPRD Kuansing.

Terkait hal ini, Aswandi yang dikonfirmasi GoRiau.com pada 25 Oktober 2023 tidak ingin menanggapinya. Ia malah melempar kepada bawahannya.

"Silahkan hubungi Kabid SDKK," jawabnya singkat.

Tidak hanya itu, Aswandi juga beberapa kali melempar persoalan ke bawahannya. Bahkan, ia pernah melempar persoalan dirinya kepada seorang staf. Seolah, itu bukan tanggung jawabnya sebagai kepala dinas.

Selama berada di Diskes Kuansing, Aswandi terlibat berbagai persoalan. Salah satunya pengadaan alat rapid tes Covid-19 yang tidak dianggarkan dalam APBD. Akibatnya, Bupati Kuansing digugat oleh PT Bismacindo Perkasa.

Di pengadilan tingkat pertama, Bupati Kuansing cq. Kepala Diskes Kuansing kalah dan dinyatakan harus membayar Rp23,4 miliar.

Bupati Kuansing pun melakukan banding. Di tingkat banding, hakim menguatkan putusan PN Telukkuantan. Hanya saja, kerugian yang harus dibayar lebih sedikit, yakni Rp15,2 miliar.

Kalah di tingkat banding, Bupati Kuansing cq. Kepala Diskes Kuansing melakukan upaya kasasi. Hingga kini, hasilnya belum ada.***