PEKANBARU, GORIAU.COM - Gubernur Riau, H Annas Maamun, menyayangkan kondisi fisik bangunan Universitas Riau (Unri), Gobah, Pekanbaru, Riau. Dimana saat ini universitas negeri pertama di Bumi Lancang Kuning tersebut seperti dalam kondisi yang tidak terawat.

Menurutnya, bangunan Unri harus banyak mengalami renovasi untuk mampu bersaing dengan universitas besar di Indonesia. "SDM juga harus didukung oleh gedung yang bagus. Jika gedung seperti ini, masih belum bagus namanya," kata Annas dalam kunjungannya ke Unri Gobah, Kamis (27/2/2014).

Dirinya telah berpesan kepada Rektor Unri Dr Ahaluddin Jalil agar melakukan pengajuan untuk renovasi kampus tersebut. Rencananya jika bisa dimulai secepatnya, akan dianggarkan dalam tahun ini.

"Kita usahakan dalam tahun ini, namun kalau tidak bisa ya tahun depan," kata Annas sambil memantau seluruh gedung kampus.

Sementara itu, Rektor Unri, Dr Ahaluddin Jalil mengungkapkan bahwa sudah ada rencana untuk melakukan renovasi tersebut. Bahkan pihak kampus juga telah merancang desain renovasinya.

Rujukannya adalah Institut Pertanian Bogor (IPB). Dimana universitas tersebut memiliki Botani Square yang bagus dan multi fungsi. "Kita ingin mencontoh IPB dengan Botani Square-nya. Sisa lahan yang kita punya cukup untuk membangunnya," ujar Ashaluddin.***