PEKANBARU - Ratusan massa dari peserta kongres HMI asal Makassar, diduga terlibat pengrusakan dan pemblokiran jalan, Sabtu (21/11/2015) petang, sekitar pukul 18.40 WIB. Mereka kecewa, lantaran pihak panitia tidak mengakomodir penginapan dan fasilitas lainnya.

Walhasil, massa yang ditaksir sekitar 150an orang tersebut merusak fasilitas umum halte bus way, yang berada persis di depan Gelanggang Remaja, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Provinsi Riau. Massa ini melempari kaca halte, bahkan sempat memblokir ruas jalan dengan cara membakar tempat sampah yang terbuat dari ban.

Informasi yang dirangkum dari kepolisian, pengrusakan dan pemblokiran jalan ini terjadi petang tadi, sekitar pukul 18.40 WIB. Penyebabnya, karena perwakilan HMI Makassar menilai kalau panitita daerah kongres HMI Pekanbaru tidak siap mengakomodir para peserta.

Akomodasi yang dimaksud, diantaranya pelayanan tempat menginap, serta beberapa akomodasi lainnya. Akibatnya, perwakilan HMI Makassar ini justru melampiaskannya kepada sejumlah fasilitas umum. "Kita sudah menurunkan personil untuk berjaga-jaga di sana," sebut Wakapolresta Pekanbaru, AKBP Sugeng Putut Wicaksono.

Kepolisian, sambungnya, masih berkoordinasi dengan peserta dan panitia kongres, agar aksi tersebut tidak semakin meluas, yang tentunya dapat merugikan banyak orang. Putut juga memastikan, tidak ada korban luka dalam kejadian ini. "Masih kita jaga sebagai upaya antisipasi," jawabnya kepada GoRiau.com, Sabtu malam.

Hingga berita ini diturunkan, aksi massa masih berlangsung, namun sudah berkurang dan telah diredam pihak kepolisian, agar tidak meluas ke hal yang lebih anarkis. ***