PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Satu dari dua beruang yang memasuki Dusun Huta Baru, Desa Menaming, Kecamatan Rambah, Rokan Hulu, Riau, mati karena dihajar dengan cara ditombak dan dipukul, warga setempat. Warga terpaksa memukul beruang tersebut karena takut mengancam keselamatan.

Peristiwa itu terjadi, Senin (9/3/2015) sekitar pukul 09.30 Wib. Saat itu, dua ekor beruang berwarna hitam memasuki Desa Menaming, Rambah, Rohul. Melihat binatang buas tersebut berjalan di kampung, warga pun mengejar dan memburunya dengan tombak dan benda tumpul lainnya.

Namun naas bagi beruang betina, dia tidak bisa menghindari amukan warga, sehingga bagian tubuhnya terkena tombak dan pukulan berkali-kali dan akhirnya mati di tempat.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Pitoyo Agung Yuwono melalui Kabag Ops Polres Rokan Hulu Kompol Suwarno kepada GoRiau.com, Senin (9/3/2015) membenarkan penemuan beruang tersebut.

Dijelaskan, pada hari Senin 9 Maret 2015 sekitar pukul 09.00 wib, Bhabinkamtibmas Desa Menaming Briptu Jufendri, menerima informasi dari Kades Menaming Firdaus Daulay bahwa ada dua ekor beruang warna hitam memasuki pemukiman warga Desa Menaming.

Kemudian Briptu Jufendri langsung berangkat menuju lokasi dan sekitar 09.30 wib saat Briptu Jufendri tiba di lokasi, dilihatnya warga sedang mengerumuni seekor beruang betina berwarna hitam yang sudah dalam keadaan mati.

''Adapun penyebab matinya beruang tersebut diduga akibat pukulan benda keras pada bagian kepala dan mulut. Menurut keterangan sejumlah warga, beruang tersebut terpaksa dipukul oleh warga dengan mnggunakan tombak dan kayu karena beruang tersebut masuk ke pemukiman warga dan mengancam keselamatan warga. Kemudian beruang tersebut diamankan di Mapolsek Rambah dan telah dilakukan pengukuran dan penimbangan,'' jelasnya.

Dari data penimbangan, beruang yang mati memiliki panjang dari ujung mulut ke kaki skeitar 150 cm, lebar dada 30 cm, panjang tangan 35 cm, panjang kaki 40 cm, berat badan 65 kg. Sedangkan seekor beruang lagi berhasil kabur ke hutan.

''Kita sudah mengecek lokasi, melakukan dokumentasi, mengamankan beruang di Mako Polsek Rambah, melakukan koordinasi dengan Polhut Dishutbun Kabupaten Rohul dan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Provinsi Riau Dan saat ini menunggu team dari BKSDA Riau,'' tutupnya. (wa)