RENGAT, GORIAU.COM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menyiapkan dana sebesar Rp150 juta untuk para atlet dan pelatih berprestasi selama tahun 2013, baik prestasi di tingkat Kejurda, Kejurwil maupun Kejurnas.

''Pemberian dana pembinaan yang bisa juga disebut sebagai bonus bagi atlet yang telah mengharumkan nama Inhu di luar daerah, wajar saja mereka dapatkan dan ini belum sebanding dengan kerja keras yang telah mereka lakukan,'' ungkap Ketua Umum KONI Inhu, Sunardi Ibrahim, Kamis (16/1/2014).

Dikatakan Sunardi, tiap cabang olahraga (cabor) sudah dimintakan data-data atlet mereka yang berprestasi di tahun 2013 lalu. Data dari masing-masing cabor sesuai batas waktu yang ditentukan, juga sudah diterima oleh Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Inhu, untuk dilakukan verifikasi oleh tim.

Diungkapkan Sunardi, verifikasi awal pun sudah selesai dilakukan dan hasil tersebut diberikan kembali kepada tiap cabor yang mengajukan penerimaan bonus tersebut, agar mereka dapat melihat kembali hasil verifikasi dari KONI. Sehingga jika ada kesalahan atau keberatan, cabor dapat menyampaikannya ke KONI Inhu, sesuai aturan yang berlaku.

Dijelaskannya, hasil verifikasi sementara ada 9 cabor yang atletnya berhak dapat bonus atau uang pembinaan akhir tahun. Tenis meja, kempo, tarung drajat, panjat tebing, catur, tinju, taekwondo dan bulu tangkis dan renang.

''Kita sudah siapkan dana sebesar Rp150 juta pemberian bonus dan sekarang tinggal melakukan verifikasi akhir,'' tegasnya.

Untuk jumlah perorang yang akan diterima para atlet, Sunardi mengatakan, belum bisa disebutkan saat ini, karena bisa saja ada kesalahan data dan keberatan dari cabor yang ternyata keberatannya itu berdasar, tentu harus ada perubahan yang akan dilakukan dalam segi jumlah uang yang akan diterima.

Sunardi menegaskan, jumlah uang yang akan diterima dibedakan pada medali atau prestasi yang didapat. Untuk emas, perak dan perunggu, pada kejurda, kejurwil dan kejurnas tentu akan sangat berbeda bonusnya. Begitu juga dengan medali yang didapat dari beregu, akan berbeda dengan perseorangan, tandasnya.(jef)