DURI - Untuk mempermudah pelayanan cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis tahun depan akan mengadakan mobil keliling. Kendaraan ini tentuntu akan dipersenjatai dengan jaringan internet dan bisa langsung mencetak ktp milik masyarakat hingga di pelosok.

"Untuk pengadaan mobilnya tahun 2016. Mobil keliling ini efektifnya tahun depan," ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Bengkalis, Renaldi kepada GoRiau.com, Jumat (13/5/2016).

Ia juga menjelaskan, mobil keliling ini juga menunggu jaringan internet yang sedang dibangun Disdukcapil. Nantinya, data base masyarakat bisa terkoneksi melalui jaringan internet.

"Mobil keliling akan menggunakan sistem yang terkoneksi dengan jaringan data base dan tidak manual. Kalau memasukkan data secara manual, kita tidak tahu apakah masyarakat sudah pernah mencetak ktp, atau belum," ulasnya.

Dengan adanya ktp keliling ini, mampu melayani masyarakat yang berada jauh dari pusat pemerintahan dalam pembuatan ktp. "Ini merupakan upaya kita (Disdukcapil Kabupaten Bengkalis, Red) dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," tutup Renaldi menjelaskan.

Saat ini, Disdukcapil Kabupaten Bengkalis sedang membangun jaringan koneksi internet, website dan mobil keliling untuk tahun 2017. Dimana seluruh pelayanan diseluruh UPT Disdukcapil, gratis dan tidak dipunggut biaya.***