PEKANBARU - Demi mewujudkan niatnya jalan-jalan ke Bali, tiga turis asing asal Jerman, Perancis dan Korea Selatan sepakat menempuh jalur yang tak biasa. Dari Malaysia, mereka melanjutkan rute ke Indonesia melalui akses dari Kota Dumai, lalu menumpang gratisan dengan jasa angkutan umum antar provinsi, hingga sampai ke tempat tujuan, yaitu Bali.

Namun, baru saja menginjakkan kakinya di Indonesia melalui pelabuhan Kota Dumai, Provinsi Riau, ketiganya justru kehabisan ongkos dan akhirnya kesasar di Jalan Lintas Timur, Simpang Kualo, Kabupaten Pelalawan, Kamis (12/5/2016) petang kemarin. Padahal rencananya, para bagpacker itu akan bertemu turis lainnya di Jambi.

Polisi yang mendapat laporan keberadaan mereka langsung turun tangan membantu. Pertama, aparat memeriksa identitas. Diketahui kalau turis itu bernama Benoit Silva asal Perancis, Park Incheol asal Korea Selatan dan seorang wanita, Karl Elisabeth asal Jerman. Ketiganya masuk secara resmi dan mengantongi visa kunjungan wisata.

Mereka mengaku kekurangan uang. Mengakali itu, tiga turis tersebut sepakat estafet dari satu kota ke kota lainnya dengan cara menumpang gratisan, dengan rute Dumai-Pekanbaru-Pangkalan Kerinci dan berlanjut ke Jambi. Agar tidak susah-susah, para bagpacker ini juga tak lupa membawa barang-barang penting yang dibutuhkan saat diperjalanan.

Semuanya dimasukkan ke dalam tas ransel yang mereka sandang sepanjang perjalanan. Polisi yang sempat memeriksa barang bawaan mereka saat itu menemukan antara lain pakaian bersih, pakaian kotor, tenda, peralatan mandi hingga peralatan musik seperti gitar dan seruling. Bahkan juga ada karton bertuliskan Jambi.

Tulisan tersebut digunakan untuk mempermudah komunikasi dengan pengendara yang mungkin saja mau memberikan tumpangan ke Jambi. mengetahui itu, polisi pun membantu mengarahkan mereka untuk menumpang di kendaraan yang tepat. "Sudah berangkat tadi malam dibantu petugas," ungkap Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo.

Mereka tak hanya bertiga. Kabarnya juga ada turis lainnya yang ikut dalam perjalanan ini. Walau jalurnya berbeda-beda, mereka sepakat bertemu di Jambi. Dari situ, para turis tersebut berencana melanjutkan petualangannya hingga sampai ke negeri nan mempesona, Bali. ***