PEKANBARU, GORIAU.COM - Manager Corporate Communication PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Djarot Handoko, memberikan pemahaman mengenai cara membangun reputasi perusahaan kepada para praktisi, akademisi dan mahasiswa ilmu komunikasi yang tergabung dalam Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) dalam acara Seminar Nasional Komunikasi 'Call For Papers' dan Pelatihan Komunikasi, di Pekanbaru, Riau, Rabu (15/4/2015). Dalam kesempatan ini, Djarot menjelaskan mengenai pentingnya menjaga reputasi perusahaan dan bagaimana mempertahankan reputasi perusahaan yang sudah baik.

''Komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan sebaiknya tidak hanya sekedar komunikasi, tetapi komunikasi yang baik untuk membangun reputasi sebuah perusahaan. Seperti kata yang menarik dari seorang Warren Buffet, dia mengatakan, perlu waktu 20 tahun untuk membangun reputasi dan hanya perlu waktu 5 menit untuk merusaknya,'' kata Djarot

Djarot juga menjelaskan, untuk menciptakan reputasi yang baik, RAPP senantiasa menghitung Public Relation (PR) Value yang diperoleh setiap bulannya untuk mengevaluasi kinerja yang sudah diraih oleh perusahaan.

''Reputasi perusahaan harus dijaga. Apalagi seorang PR. Dia harus memiliki PR value dan semaksimal mungkin harus menguntungkan perusahaan,'' ujarnya.

Strategi PR yang dijalankan oleh RAPP ini pun menarik perhatian salah satu peserta pelatihan, Sumayah, mahasiswa Universitas Muhammadiyah, Jakarta. Dia pun dengan semangat bertanya mengenai strategi RAPP dalam mengelola pemberitaan di media untuk menciptakan reputasi yang positif.

''Bagaimana cara RAPP membangun hubungan dengan media? Apa hanya ketika ada acara baru mengkontak media?'' tanyanya antusias.

Djarot pun menyampaikan jika RAPP senantiasa selalu membangun komunikasi yang baik tidak hanya pada saat diselenggarakan acara namun juga dikeseharian tim media relation RAPP.

''Tim media relation RAPP selalu menjaga komunikasi dengan para media. Tidak hanya ketika ada acara saja, tetapi setiap hari mereka berkomunikasi dengan media,'' tutur Djarot.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/15042015/djarot2jpg-1953.jpgDjarot Handoko saat menyampaikan paparan.Sementara itu, Ketua ISKI Pusat, Yuliandre Darwis, mengatakan seminar nasional komunikasi ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sehingga diperlukan cara komunikasi yang baik.

''Komunikasi menjadi tantangan yang tidak terpisahkan dari Riau menghadapi MEA 2015. Komunikasi juga memang penting bagi sebuah perusahaan industri untuk membangun reputasi,'' ujarnya.

Ketua ISKI Daerah Riau, Nurul Huda, pun mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh RAPP sehingga acara Seminar Nasional Komunikasi ini bisa terlaksana.

''Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu. Kalau tidak ada para sponsor, acara ini tidak akan jalan. Terima kasih kepada sponsor salah satunya RAPP sehingga acara ini dapat terlaksana dengan lancar,'' tutupnya. (rls)