PEKANBARU, GORIAU.COM—Makanan berbuka atau yang lebih sering disebut dengan Takjil di bulan puasa ini begitu menggoda iman. Terlihat begitu segar dan nikmat. Namun, siapa sangka Takjil tersebut tidak aman untuk dikonsumsi.



Seperti hasil Sidak yang dilakukan Walikota Pekanbaru, Firdaus ST MT bersama SKPD terkait. Dimana, dari hasil uji laboratorium Balai Besar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Pekanbaru terdapat pewarna tekstil atau Rhodamin B pada Cendol. Sampel yang diuji diambil di pasar Ramadan Jalan WR Supratman, Gobah dan Pasar Limapuluh.

"Cendol yang kita ambil, terbukti mengandung Rodamin B yang dapat merusak kesehatan," ujar Firdaus disela-sela Sidak, Rabu (2/7/2014) sore.

Dalam Sidak tersebut, BPOM Pekanbaru mengerahkan tenaga ahli untuk menguji langsung Takjil tersebut. Sehingga, usai dibeli Walikota, makanan tersebut langsung diuji BPOM di mobil khusus.

Sebelumnya, Walikota Pekanbaru juga menemukan Tahu Isi yang mengandung formalin. Takjil tersebut terdapat di pasar Ramadan Jalan Hasyim Asyari, belakang Ramayana.(san)