BENGKALIS, GORIAU.COM - Setelah sempat normal beberapa hari pasca arus balik lebaran, antrean kendaraan di penyeberangan Air Putih dan Sei Selari kembali padat mencapai 2 Kilometer sejak Minggu (18/8) pagi hingga malam, dilanjutnya Senin (19/8) pagi.

Saking padatnya dan panjangnya antrean, Andi warga Rokan Hulu yang berlebaran ke  tempat keluarganya di Bengkalis, hanya bisa bergerak sepanjang 2 meter selama 7 jam saat antre menuju Pelabuhan Roro Air Putih.

''Sudah 7 jam antre, baru bisa bergerak 2 meter,'' ujar Andi, pengendara mobil pribadi di depan SPBU PT Bumi Laksamana Jaya, Minggu (18/8) malam.

Antrean mengular kenderaan roda empat mulai dari pelabuhan Air Putih sampai ke dekat Mapolsek Bengkalis. Kondisi yang sama juga terjadi di pelabuhan Sungai Selari. Jika di Pelabuhan Air Putih antrean didominasi kenderaan roda empat, di pelabuhan Sungai Selari didominasi kenderaan roda dua.

Al warga Sungai Pakning yang sering balik balik Sungai Pakning-Bengkalis mengungkapkan, antrean kenderaan yang mau ke Bengkalis tetap padat sejak H-7 sampai minggu pertama pasca lebaran.

''Kata siapa antrean normal, sampai sekarang kenderaan yang mau ke Bengkalis masih padat," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bengkalis, Arman AA ketika dikonfirmais Senin siang mengatakan, membludaknya warga dari dan ke Bengkalis sulit diduga.  Sebagai antisipasi ia telah memerintahkan kapal feri yang melayani penyeberangan untuk melakukan pelayaran ekstra hingga pukul 01.00 WIB dinihari. Kendati demikian, masih saja ada kenderaan yang baru bisa diberangkatkan esok paginya.

''Semalam dilayani sampai pukul satu dinihari, masih ada beberapa kenderaan yang belum terangkut, terpaksa paginya menyeberang,'' tutup Arman.(jfk)