BENGKALIS - Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) sudah lama keberadaannya menjadi program untuk membantu masyarakat kecil dalam memberikan penyertaan modal usaha. Tujuannya, agar masyarakat terhindar dari jerat bunga yang besar jika meminjam uang kepada rentenir.

Menyambut bulan suci Ramadan tahun ini, UEK-SP Perdana Mandiri Kelurahan Sungai Pakning di Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau, membagi-bagikan atau memberikan modal kepada 87 orang dengan jumlah sebesar Rp236 juta.

Seperti yang disampaikan Ketua UEK-SP Perdana Mandiri, Tribuana kepada GoRiau.com, Minggu (15/5/2016), bahwa pemberian modal dalam menyambut bulan suci Ramadan tiap tahunnya selalu diberikan dan terus meningkat.

"Pedagang kecil, setiap tahunnya bisa mendapatkan keuntungan 100 persen lebih, dari modal yang diberikan dengan berjualan makanan dan minuman untuk berbuka. Kita juga memberikan kupon untuk masyarakat tidak mampu dan anak yatim piatu, untuk dibelanjakan di pasar ramadan," ulasnya.

Ditempat terpisah Lurah Sungai Pakning, Acil Esyno menjelaskan kepada GoRiau.com, UEK-SP goes to Ramadan 2016 terdiri dari 14 kelompok pemanfaat, yang berjumlah 87 orang. Tahun 2015, 54 orang pemanfaat dengan modal pinjaman yang diberikan sejumlah Rp91 juta.

"Tahun ini peningkatan jumlah peminjam sebesar 61 persen, dibandingkan tahun lalu. Peningkatan jumlah penyaluran dana, sebesar 159 persen, tahun ini. Dengan adanya program ini, masyarakat bisa terbantu dan diharapkan menjadi contoh bagi uek-sp lainnya," tutup Acil menjelaskan.***