PEKANBARU, GORIAU.COM - Kota Pekanbaru, Riau kembali dikepung asap. Sebagian besar Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) statusnya naik menjadi 'tidak sehat. Artinya sudah melampaui kategori 'sehat' dan 'sedang'.

Seperti ISPU di Jalan Tuanku Tambusai dan Jalan Sudirman, keduanya menunjukkan kategori 'tidak sehat. Pantauan GoRiau.com, dari Kecamatan Tampan, Sukajadi, Payung Sekaki, Marpoyan Damai dan lainnya diselimuti asap tebal.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman bersama pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan lainnya menyatakan kabut asap yang menimpa Riau beberapa waktu belakangan adalah kiriman dari provinsi tetangga.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Andra, Jumat (10/7/2015), mengimbau kepada masyarkat agar betul-betul mengurangi kegiatan yang tidak penting di luar rumah. "Karena kabut asap sangat mempengaruhi kesehatan," kata Andra.

Terutama terhadap ibu hamil, penderita asma dan lainnya. Sementara penyakit yang akan ditimbulkan adalah seperti pneumonia, penyakit mata, iritasi kulit, asma dan sebagainya. "Jadi betul-betul kurangi kegiatan di luar rumah, jika tidak penting," imbaunya.