JAKARTA - Founder Football Institute Budi Setiawan menyebut peran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sangat dibutuhkan dalam upaya membuka peluang Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026. Hal ini terkait dengan proses naturalisasi pemain berdarah Indonesia yang lahir di Belanda Jens Raven dan Calvin Verdonk.

"Sekali lagi kita membutuhkan energi dan semangat bapak ibu di DPR RI untuk segera memproses naturalisasi Jens Raven dan Calvin Verdonk. Kehadiran mereka sangat dibutuhkan untuk memperkuat Timnas Indonesia yang akan berjuang di Pra Piala Dunia (PPD) 2026," kata Budi Setiawan di Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

Desakan untuk memproses naturalisasi kedua pemain tersebut bukan tidak berdasar. Apalagi, Budi Setiawan mengaku telah mendapatkan informasi dokumen untuk Jens Raven dan Calvin Verdonk sudah di DPR sejak 18 Mei 2024.

"Hanya tinggal menunggu tandatangan Ibu Puan Maharani selaku Ketua DPR RI. Kita hanya bisa mengetuk pintu hati ibu Puan untuk membantu percepatan proses naturalisasinya," imbuh Budi Setiawan.

Timnas Indonesia akan menjalani laga Pra Piala Dunia melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024. "Untuk mengalahkan Irak, kita butuh semua pemain yang visible, karena bukan tidak mungkin tiba-tiba ada pemain yang cedera atau sakit. Meskipun kabarnya Irak akan menggunakan pemain lapis kedua, tetap tidak boleh diremehkan. Justru ini adalah kesempatan untuk mendapat point penuh lawan irak. Selain untuk memastikan lolos ke round 3 PPD juga akan menaikkan peringkat indonesia," katanya.***