SELATPANJANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau melantik 27 Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Pelantikan Panwascam untuk pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati dan wakil bupati Kepulauan Meranti itu dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal, S.IP, M.IP berlangsung di Hotel Grand Meranti, Jalan Kartini Selatpanjang, Sabtu (25/5/2024) sore.

Dalam sambutannya, Syamsurizal menyampaikan bahwa pelantikan ini sebagai tahapan dari persiapan Pilkada secara serentak, dan panwascam ini juga merupakan hasil evaluasi Panwaslu Kecamatan existing pada Pemilu serentak 2024.

"Saya berpesan kepada kawan-kawan menjaga integritas, netralitas, independensi dan loyalitas agar pilkada berjalan sukses dan berjalan sebagaimana mestinya. Ini yang diharapkan seluruh masyarakat," harapnya.

Disebutkan Syamsurizal, bahwa Panwas Kecamatan ini akan melaksanakan tugas hingga 2025. Tentunya setelah menyelesaikan pemilihan gubernur.

"Semoga amanah ini dapat diemban dengan baik, sehingga pilkada sukses dan kinerja kawan-kawan diberkahi Allah," ucapnya.

Lebih lanjut, Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, S.E, M.IKom, dalam arahannya pada pelantikan itu mengapresiasi kinerja Bawaslu Kepulauan Meranti bersama jajaran hingga di tingkat desa.

"Bertugas dan bekerjalah dengan dengan baik sesuai amanah. Jadikan tugas ini sebagai amal ibadah rekan-rekan semua, sehingga mendapat keberkahan," pesannya.

Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar, di kesempatan itu berharap keberadaan Panwascam dapat ikut menciptakan Pilkada yang berlangsung sukses aman, adil dan damai.

"Panwas yang ada harus menjalin kerjasama yang baik dengan stakeholder terkait agar tugas berjalan sukses sesuai aturan yang berlaku. Tetap jaga amanah dan netralitas supaya Pilkada di Kepulauan Meranti berlangsung sukses," pesan Asmar.

Untuk diketahui, para Panwascam yang dilantik tersebut terdiri dari 23 laki-laki dan 4 perempuan.

Ikut hadir menyaksikan pelantikan tersebut, Kapolres AKBP Kurnia Setyawan, Ketua KPU Katmuji, Anggota DPRD Khosairi, Danposal Kapten Laut (E) Saidul Arifin, Komisioner Bawaslu Rio Andika dan Muhamad Hafit, serta sejumlah pejabat terkait lainnya. ***