RENGAT,GORIAU.COM - Kendati masih dalam suasana lebaran Idul Fitri, Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau lakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih.

Hal itu bertujuan untuk mencocokan data pemilih yang telah terdaftar dengan masyarakat yang memiliki hak pilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Inhu 9 Desember 2015. Sesuai PKPU No 2 tahun 2015 tentang tahapan dan jadwal, Coklit tersebut akan berakhir pada 19 Agustus 2015 mendatang.

"Coklit ini sudah kita mulai sejak dua hari sebelum lebaran lalu, yaitu sejak Rabu (15/7/2015) dan akan berakhir pada 19 Agustus mendatang. Dalam pendataan, kita dari tim PPDP langsung mendatangi warga dari rumah ke rumah", ujar Komisioner KPU Inhu Yenni Mairida SE kepada GoRiau.Com via rilisnya, Sabtu (18/7/2015).

Disebutkan Yenni, setelah dilakukan pencocokan data, tim juga melakukan penempelan stiker disetiap rumah warga yang sudah didata. Hal itu membuktikan bahwa rumah atau warga yang tinggal di rumah tersebut sudah masuk dam daftar pemilih.

"Pastikan anda dan seluruh keluarga yang sudah mempunyai hak pilih terdata sebagai pemilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati Inhu 9 Desember 2015. Jika masih ada warga yang belum terdata sebagai pemilih dan atau rumahnya belum didata oleh petugas hingga 19 Agustus, maka warga bisa menghubungi tim PPDP atau PPS setempat", terangnya.

Selain itu, guna mendukung kelancaran tahapan pemuktahiran data dan daftar pemilih, pihaknya berharap kepada masyarakat Inhuu untuk mendukung kelancaran pendataan pemilih ini. Sehingga, pada saat pelaksanaan pemilihan nanti, tidak ada lagi masyarakat yang tidak masuk dalam daftar pemilihan tetap KPU, tegasnya.

Untuk diketaui terang Yenni, selama pendataan berlangsung, selain PPDP tim juga didamping oleh PPK masing masing kecamatan dan PPS masing desa atau kelurahan. Khusus untuk Kecamatan Pasir Penyu, tim PPDP yang dibimbing langsung oleh Yenni itu sudah melakukan pendataan dibeberapa desa dan kelurahan, diantaranya Kelurahan Air Molek 1 dan Desa Lembah Dusun Gading.

(jef)