PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - PT Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP) turut berpartisipasi dalam tim Penanggulangan Bencana Asap Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) yang dikoordinasikan oleh Unsur Pimpinan Kecamatan (UPIKA) Pelalawan. Dalam rapat koordinasi yang diselenggarakan baru-baru ini di Kantor Kecamatan Pelalawan, RAPP mengirimkan 5 orang terbaiknya untuk bergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Asap dan Karlahut Kabupaten Pelalawan.

''Tim ini dibentuk sesuai himbauan pemerintah daerah agar setiap kecamatan memiliki tim Satgas yang siap siaga menjaga wilayah kecamatan dari karlahut,'' kata Koordinator Satgas, Danramil 03 Bunut Kapten Inf Suyanto.

Suyanto juga menghimbau agar masyarakat menjaga lingkungan mereka sehingga karlahut bisa dicegah serta tidak menambah asap yang sudah menyelimuti Kabupaten Pelalawan.

Himbauan senada juga diungkapkan Camat Pelalawan, Joko Purnomo. Dia mengatakan pemerintah daerah telah menginstruksikan pembentukan tim satgas untuk sebagai tim reaksi cepat yang akan membantu memadamkan api jika terjadi karlahut.

''Sesuai dengan instruksi dari Bupati dan Gubernur, tim satgas ini dibentuk untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan meluas. Kami meminta masing-masing perusahaan yang berada di Kecamatan Pelalawan untuk mengirimkan 5 orang untuk bergabung dengan tim Satgas UPIKA Pelalawan,'' ucapnya.

Stakeholder Relations (SHR) RAPP untuk wilayah Pelalawan, Mabrur AR, mengemukakan RAPP telah mengirimkan 5 orang dari Head Office (HO) atau kantor pusat untuk mendukung tim Satgas UPIKA Pelalawan dalam menanggulangi bencana asap akibat karlahut ini.

''Kami mengirimkan 5 orang personil untuk ikut berpartisipasi menjadi tim Satgas dan langsung dikoordinir oleh Ketua dan Tim Satgasnya yaitu Danramil, Camat dan Kapolsubsektor,'' kata Mabrur di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Rabu (16/9).

Mabrur menyampaikan, untuk teknis bantuan, jika terjadi kebakaran dan pihak TNI dan masyarakat sudah melakukan tapi tidak padam, maka pihaknya akan ikut membantu turun ke lokasi dengan membawa mesin pemadam khusus untuk pemadaman di lahan dan hutan. (rls)