PASIR PENGARAIAN – Anggota Bawaslu Riau Koordinator Divisi SDMO dan Diklat, Patminah Nularna mengingatkan Panwaslu kecamatan dapat menjaga netralitas sebagai pengawas pemilihan pada pemilihan kepala daerah mendatang. Hal itu disampaikannya pada pelantikan Panwas Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Rokan Hulu bertempat di Sapadia, Rokan Hulu, Sabtu, (25/5/2024).

Panwas pemilihan kecamatan yang dilantik berjumlah 48 orang yang terdiri dari 28 orang existing dan 20 orang pendaftar baru.

Dalam sambutannya, Patminah menyampaikan bahwa tidak ada perbedaan antara Panwaslu Kecamatan existing dengan pendaftar baru. ‘’Kita sama-sama bekerja untuk pengawasan, harus saling bahu-membahu menjaga kekompakan dan integritas, bekerja dengan selalu berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu serta jaga hubungan baik dengan sekretariat,” ujar Patminah.

Di akhir sambutannya Patminah menyampaikan agar Panwas Pemilihan Kecamatan yang telah dilantik segera mempelajari regulasi, terutama pendaftar baru diharapkan dapat beradaptasi dengan cepat karena tahapan Pemilihan Serentak sudah dimulai.

Hadir pada pelantikan unsur Forkopimda Kabupaten Rokan Hulu, Bupati Rokan Hulu yang diwakili oleh Kepala Kantor Kesbangpol Suharman, Wakapolres Kompol Rahmad Hidayat, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Rokan Hulu, Kepala Lapas Rokan Hulu yang diwakili oleh Wedi serta Camat se-Kabupaten Rokan Hulu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Rokan Hulu, Fajrul Islami Damsir mengatakan tidak ada yang baru, tidak ada yg lama, kekuatan kolektif kolegial. Semua yang dilantik hari ini adalah memiliki semangat baru untuk menjaga pemilihan., mewujudkan perhelatan Pemilihan di Kabupaten Rokan Hulu dengan sukses, adil, setara, seimbang, serta penegakan hukum yang berjalan.

‘’Jaga amanah, jaga integritas, silahkan elaborasi dan kolaborasi dengan perangkat desa, tokoh masyarakat, seluruh stakeholder di wilayah masing-masing. Jalin kerjasama dengan rekan kerja, KPU serta bangun komunikasi yang intens,’’ tutupnya. ***