SELATPANJANG – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau, Alnofrizal mengingatkan pengawas pemilihan kecamatan untuk memperlakukan calon pasangan kepala daerah secara adil dan setara.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kebupaten Kepulauan Meranti Sabtu (25/5/2024) di Selatpanjang.

“Kita mesti memperlakukan para calon ataupun peserta pemilihan secara adil dan setara. Tidak cukup pengawas Pemilu itu berintegritas dan bermoral baik, tapi memperlakukan secara adil dan setara,” tegas Alnof.

Menurut Alnof, berlaku adil kepada peserta itu maknanya adalah bekerja sesuai dengan aturan yang ada. “Sedangkan setara itu memperlakukan sama para calon, tidak membeda-bedakan terhadap pengawasannya,” katanya.

Selanjutnya, Alnof mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan juga kepolisian serta seluruh stakeholder terkait yang telah bersama-sama ikut membantu dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 lalu.

“Semoga koordinasi dan kerjasama baik ini bisa berlanjut pada Pilkada 2024,” sambung Alnof.

Selanjutnya Alnofrizal tidak lupa untuk mengingatkan agar Panwas Pemilihan Tahun 2024 dalam pelaksanaan tugas dengan selalu berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten.

“Dan saya berharap pemilihan di Kepulauan Meranti hadir dengan demokrasi yang berkualitas” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti Syamsurizal telah melantik 27 orang Anggota Panwas Pemilihan pada 9 Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Dimana semua anggota Panwas Pemilihan Kecamatan ini merupakan anggota Panwaslu Kecamatan pada Pemilu 2024 yang dinyatakan lolos setelah melalui tahap evaluasi sehingga dapat dilantik kembali menjadi Panwas Pemilihan untuk Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut, hadir juga Plt Bupati Kepulauan Meranti Asmar dan Kapolres Meranti AKBP Kurnia Setyawan, serta Forkopimda, Camat, Tokoh Masyarakat dan Ormas. ***