ROHIL - Hampir seminggu terakhir ini warga RT 01 RW 08, Dusun III Desa Bukit Selamat, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Rohil, Riau diresahkan dengan kedatangan rombongan beruang yang berjumlah 5 ekor, 2 diantaranya induk beruang dan 3 anak beruang. Tidak hanya penampakan saja, rombongan keluarga beruang ini juga ikut memakan ternak warga.

"Informasi dari warga, sejak Sabtu (14/5/2016) penampakan beruang ini sudah sangat dekat dengan pemukiman. Warga melihat langsung rombongan beruang ini dari jarak dekat," kata Nurjaman, salah seorang staf Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, di Duri saat dikonfirmasi GoRiau.com, Selasa (17/5/2016).

Banyaknya laporan warga tersebut yang masuk ke BBKSDA Riau, kata Nurjaman, sejumlah staf BBKSDA Riau juga turun melakukan penyisiran dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat, mengenai cara mengusir rombongan beruang tersebut.

"Tadi pagi aja 10 ekor ayam habis disantap rombongan beruang itu. Sejumlah pondok atau rumah juga dimasukinya untuk mengambil beras dan gula. Beruang ini tak ubahnya seperti gajah," kata Nurjaman menambahkan seraya meminta GoRiau.com menghubungi langsung Kabid Dinas Kehutanan Provinsi Riau untuk informasi lebih lanjut. ***