SELATPANJANG, GORIAU.COM - Camat Pulau Merbau H Edi Mohammad Nor, Selasa (14/4/2015) kemarin bersilaturrahim dengan masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Dusun Rintis, Desa Renak Dungun, Kecamatan Pulau Merbau, Kepulauan Meranti, Riau. Dalam kunjungai itu, Edi meminta masyarakat KAT memaksimalkan lahan tidur untuk pertanian.


H Edi berkeinginan sektor ekonomi kreatif masyarakat melalui bidang pertanian bisa optimal di wilayahnya itu. Disamping sebagai langkah dalam mendukung upaya pemerintah daerah mengembangkan pertanian di Meranti.
"Saya menghimbau sekaligus mengajak agar masyarakat mau memanfaatkan lahan yang kosong di perkarangan rumah untuk diolah dan ditanam berbagai jenis tanaman bermanfaat seperti sayuran. Ini bertujuan agar ekonomi masyarakat bisa terbantu," ucapnya.
Lebih lanjut, H Edi berpendapat bahwa selama ini lahan kosong maupun perkarangan rumah masih banyak yang masih menganggur alias berstatus lahan tidur. Jika itu dikelola dengan baik, maka tentu akan menguntungkan masyarakat. Apalagi jenis tanaman seperti sayuran saat ini mempunyai nilai ekonomis yang bisa di ambil peluang oleh masyarakat.
Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Sekretaris Dinas Pertanian Perkebunan dan Ketahanan Pangan, H Sihana, didampingi Kabid, serta tenaga penyuluh pertanian setempat.(zal)