JAKARTA – Menggeluti profesi sebagai AgenBRILink menjadi hal yang tidak disangka-sangka oleh Merry Nurazizah atau kerap disapa Merry. Merry bercerita, awalnya ia sangat awam tentang transaksi perbankan dan berbagai manfaat yang bisa didapatkan, sebelum akhirnya ia menjadi seorang AgenBRILink yang sukses di daerahnya, Desa Maluk, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Seperti diketahui, AgenBRILink merupakan perluasan layanan BRI di mana agen menyediakan layanan perbankan secara langsung. Layanan ini mencapai seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).

Meskipun baru digeluti Merry sejak Maret 2023, terbukti ia mampu mendekatkan akses perbankan untuk warga di daerahnya. Dengan demikian, warga Desa Maluk tak perlu lagi bersusah payah menempuh perjalanan berkilo-kilo meter dan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk setor tunai, tarik tunai, mencairkan dana bantuan sosial (Bansos), maupun melakukan pembayaran tagihan lain sebagainya ke kantor BRI Unit Sumbawa Besar. Hal ini lantaran adanya fitur Electronic Data Capture (EDC) mini ATM BRI di AgenBRILink tersebut.

Meski begitu, menurut Merry, yang namanya membuka usaha di desa, tetap ada pasang surut, ditambah dengan minimnya modal tentu ini menjadi kendala yang tak bisa dihindari. Oleh karena itu, selain melayani setor tunai, tarik tunai, transfer, bayar tagihan listrik, pulsa, top up dompet digital dan sebagainya, Merry juga membulatkan tekadnya untuk menjadi mitra Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Merry pun bisa menyalurkan pinjaman kepada warga sekitar, seperti pinjaman KECE (Kredit Cepat) senilai Rp10 juta kepada masyarakat di sana.

“Untuk mencari para nasabah, bersosialisasi bersama masyarakat sekitar menjadi kunci utama yang harus dilakukan. Selain itu, kami aktif dalam melakukan promosi program-program BRILink,” ungkapnya. Berkat inovasi yang dilakukan, Merry pun berhasil menarik minat para nasabah untuk menggunakan layanan AgenBRILink.

Semangatnya untuk terus belajar dari para agen lainnya juga menjadi modal berharga dalam mengembangkan usahanya. Meskipun libur lebaran tiba, Mery tetap setia menjaga layanannya tetap berjalan tanpa henti. Keputusannya untuk tetap buka selama liburan tidak hanya sebagai wujud keseriusan dalam melayani nasabah, tetapi juga sebagai upaya untuk mengejar program THR. "Selama lebaran tetap jalan tidak ada tutup, dan alhamdulilah semakin ramai selama liburan, karna ingin mengejar program THR jadi tidak ada libur," kata Mery.

Semangatnya yang tidak kenal lelah semakin mengukuhkan kesan bahwa menjadi Agen BRILink bukanlah pekerjaan biasa bagi Merry. Ketika ditanya tentang motivasinya menjadi agen, Merry dengan tegas menyatakan bahwa ia merasa memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga kepercayaan para nasabah. Bagi Merry, kepercayaan itu adalah modal utama yang harus dijaga dengan penuh integritas dan dedikasi.

Kisah sukses Merry Nurazizah sebagai AgenBRILink tidak hanya menginspirasi, tetapi juga menjadi bukti bahwa dengan kerja keras, ketulusan, dan semangat untuk melayani, setiap orang dapat mencapai kesuksesan dalam bidang yang dipilihnya. Semoga kisah perjuangan Merry dapat menjadi motivasi bagi banyak orang untuk tidak pernah menyerah dalam menggapai impian mereka.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, layanan AgenBRILink hadir untuk memudahkan masyarakat untuk bisa mengakses layanan perbankan. Selain transaksi tarik tunai, juga terdapat layanan untuk kebutuhan harian masyarakat seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA maupun pinjaman, dan transaksi lainnya.

“AgenBRILink merupakan bukti nyata economic sharing yang dilakukan oleh BRI, karena fee yang diperoleh para agen bisa mencapai 2-3 kali lipat dari yang diterima oleh BRI. Dengan menjadi agen, masyarakat dapat meningkatkan pendapatan dan pada ujungnya dapat meningkatkan kehidupan ekonomi dan sosial mereka,” kata Supari.

Tercatat, sepanjang Kuartal I-2024 agen ini berhasil membukukan 285 juta transaksi finansial, meningkat 12,8% year-on-year (yoy) dari 252,5 juta transaksi per Kuartal I-2023. Peningkatan tersebut diiringi dengan volume transaksi mencapai Rp370 triliun pada periode ini. Jumlah AgenBRILink juga meningkat 22,4% yoy dari 650.780 agen per akhir Maret 2023 menjadi 796.836 agen per Maret 2024. ***